Makanan-Makanan yang Tidak Baik untuk Penderita Penyakit Jantung

Makanan-makanan yang tidak baik untuk penderita penyakit jantung sangat penting diperhatikan agar proses penyembuhan dapat berjalan maksimal. Alangkah percuma upaya pengobatan yang dilakukan kalau pada kenyataannya, penderita sendiri merusaknya dnegan mengonsumsi makanan yang tidak baik untuk penderita penyakit jantung. Penyakit jantung sendiri merupakan penyakit, dimana kondisi jantung tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik yang diakibatkan terhentinya/tersumbatnya darah meskipun hanya sesaat menuju ke jantung.
Tersumbatnya aliran darah menuju jantung biasanya diakibatkan nadi coroner tertahan selama beberapa saat yang terjadi karena adanya penggumpalan darah, nadi coroner mengencang, zat-zat lemak (trigliserda, kolesterol) yang menumpuk, dan lain sebagainya. Nah, alasan itulah yang membuat penderita penyakit jantung wajib memilih makanan yang baik dan sehat untuk jantung, serta menghindari makanan-makanan yang tidak baik dan justru memperparah penyakitnya. Nah, agar lebih jelasnya, berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari penderita penyakit jantung :

1.    Makanan-makanan yang tinggi kolesterol.

Kolesterol merupakan musuh utama bagi penderita penyakit jantung, karena dapat memperparah penyumbatan pembuluh darah jantung. Beberapa makanan yang mengandung kolesterol tinggi, antara lain : udang, kepiting, cumi, daging berlemak, jeroan, bebek, otak sapi, kuning telur, belut, kulit ayam, susu sapi, makanan kemasan, dan lain sebagainya.

2.    Makanan yang mengandung trigliserin

Trigliserida merupakan lemak jahat yang berasal dari tumbuhan, dimana dia sangat merugikan bagi penderita penyakit jantung. Diantara makanan yang mengandung trigliserida, antara lain : mentega, santan kelapa, dan minyak goreng.

3.    Makanan mengandung gula alkoholik

Makanan atau minuman yang mengandung gula al*hoholik juga harus dihindari penderita jantung, misalnya : tapai, durian, dan minuman beralkhohol.
Selain menghindari makanan yang tidak baik untuk jantung, penderita harus memperhatikan beberapa hal yang dapat mempercepat proses penyembuhan, diantaranya :
  • Olahraga secara rutin
  • Berhenti me*okok dan minum al*hohol
  • Berbahagialah dan hindarkan diri dari stress
  • Pilihlah makanan-makanan sehat dan baik untuk jantung, misalnya sayuran hijau, ikan, biji-bijian, olahan kedelai, dan lain sebagainya.
  • Konsumsi makanan kaya serat
  • Perhatikan cara mengolah makanan yang baik untuk penderita jantung
  • Istirahat yang cukup setiap harinya.
  • Rutin memeriksakan kesehatan ke dokter
Okey dech, semoga informasi tentang makanan-makanan yang tidak baik untuk penderita penyakit jantung diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. Dan semoga segala upaya yang sudah dilakukan dapat membuat penderita jantung lebih sehat dan segera mendapat kesembuhan.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...