Loading...

Manfaat Shalat Tahajud Untuk Kesehatan

Shalat Tahajud merupakan shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah terjaga dari tidur. Hukum shalat tahajjud sendiri adalah sunnat mu'akad (sunnah yang dianjurkan). Jumlah rakaat shalat tahajud minimal 2 rakaat diakhiri salam dan dianjurkan melakukannya 8 rakaat (setiap dua rakaat diakhiri salam) yang akan ditutup dengan shalat witir 3 rakaat. Waktu yang sangat dianjurkan untuk mengerjakan shalat tahajud adalah :
•    sepertiga pertama, yakni pukul19.00 – 22.00 (utama)
•    sepertiga kedua, yakni pukul 22.00 – 01.00 (lebih utama)
•    sepertiga ketiga, yakni pukul 01.00 sampai menjelang masuknya waktu subuh, ini adalah waktu yang paling utama.(Baca juga : Tips mudah bangun malam untuk shalat tahajud)
Mengapa sepertiga malam terakhir sangat utama? Simak hadits berikut :
Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: ‘Siapa yang berdoa pada-Ku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni’.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Shalat sunnah tahajjud sangat dianjurkan oleh Rasulullah, karena memiliki manfaat yang sangat besar, salah satunya untuk kesehatan, sebagaimana hadits berikut :
Hendaklah kalian bangun malam. Sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian. Wahana pendekatan diri kepada Allah SWT, penghapus dosa dan pengusir penyakit dari dalam tubuh”. (HR at-Tirmidzi).
Ternyata, dalam hadits diatas menyebutkan tentang manfaat shalat tahajud untuk kesehatan, “pengusir penyakit dari dalam tubuh”. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang yang rutin menjalankan shalat tahajud dengan ikhlas memiliki kadar kortisol yang rendah. Apakah hormon kortisol itu? Hormon kortisol merupakan salah satu hormon stress, dimana apabila hormon ini meninggi, maka manusia akan mengalami gangguan konsentrasi, daya ingat kurang baik, lebih mudah berbuat salah, dan pastinya mengganggu sistem kekebalan tubuh yang memicu munculnya beberapa penyakit degeneratif (diabetes, kanker, hipertensi, dan lain  sebagainya).
Jadi, dengan rutin menjalankan shalat tahajud secara ikhlas dan khusyu’, maka sistem imunitas tubuh akan lebih baik sehingga mencegah munculnya beberapa penyakit. Gimana, masihkah Anda malas menjalankan shalat tahajud?? Semoga informasi tentang manfaat shalat tahajud untuk kesehatan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf apabila ada yang kurang dalam penyampaian.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...