Tips Mudah Bangun Malam Untuk Shalat Tahajud

Tips mudah bangun malam untuk shalat tahajud harus diterapkan agar Anda bisa konsisten menjalankan shalat sunnah tahajud setiap hari. Di malam yang dingin, dimana semua orang masih lelap dalam peraduannya, tentulah bukan hal mudah untuk menaklukkan rasa kantuk yang menyerang. Namun, besarnya keutamaan shalat tahajud tentulah menggoda kita untuk bisa menaklukkannya, bukan?
Bangun malam untuk shalat tahajud memang mudah dibayangkan, namun prakteknya sangat sulit dikerjakan, kecuali Anda memang orang-orang yang berkeinginan kuat dan terpilih. Nah, dalam artikel ini, saya akan membagi tips mudah bangun malam untuk shalat tahajud sesuai pengalaman yang saya terapkan selama ini :
  1. Tidurlah lebih awal dan hindari kebiasaaan begadang atau tidur larut malam, karena selain menyia-siakan waktu juga merugikan kesehatan. Dengan tidur lebih awal, maka kita akan lebih mudah terjaga pada waktu yang dikehendaki.
  2.  Berwudhu sebelum mulai tidur, dan biasakan membaca ayat Al Quran, kemudian dilanjutkan dengan dzikir hingga mata terlelap.
  3. Jangan lupa, sebelum tidur berdoalah agar Allah berkenan membangunkan Anda pada jam yang ditentukan. Apakah selalu berhasil? In sya Allah, akan dibangunkan. Tapi ingat! Setan nggak akan tinggal diam untuk terus merayu Anda agar lebih tertarik untuk tidur. Kuatkan niat dan lawanlah setan dengan mengingat Allah SWT.
  4. Hilanglah pikiran negatif dalam diri Anda, misalnya : iri hati, dengki, menyimpan dendam, dan lain sebagainya. Karena menurut pengalaman saya, pikiran tersebut akan membuat Anda berat bangun di sepertiga malam terakhir. (Baca juga : Manfaat Shalat Tahajud untuk Kesehatan)
  5. Pupuklah rasa rindu kepada Allah, karena hanya dengan rasa rindu, maka Anda akan rela bersusah payah demi bisa bercengkerama dengan_Nya.
  6. Jangan makan terlalu banyak sebelum tidur, karena kekenyangan akan membuat tubuh berat dan malas untuk bangun.
  7. Hindari berlaku dosa di siang hari, karena dosa yang kita lakukan akan memperberat kita untuk bangun malam.
  8. Sebagai latihan, tidak ada salahnya jika Anda memakai bantuan jam weker atau alarm handphone. Cara ini mungkin bisa membuat Anda terjaga, namun tidak menjamin Anda bisa ringan menjalankan shalat tahajud kalau syarat-syarat diatas kalian abaikan.
Okey dech, saya kira cukup sampai disini penjelasan saya. Semoga tips mudah bangun malam untuk shalat tahajud diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf bila Anda kekurangan dalam penyampaian.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...