12 Keajaiban Shalat Tahajud

Shalat tahajud disebut juga shalat malam atau qiyamullail, karena dilaksanakan pada malam hari setelah kita terjaga dari tidur. Meskipun hukumnya sunnah, namun shalat tahajud mengandung banyak keutamaan. Oleh karena itu, shalat tahajud sangat dianjurkan oleh Rasulullah, sebagaimana dalam hadits berikut :
Rasul SAW bersabda :
Kerjakanlah shalat malam, karena shalat malam itu kebiasaan orang-orang yang shaleh sebelum kamu dahulu, juga suatu jalan untuk mendekatkan diri kepada TUHAN kalian, juga sebagai penebus pada segala kejahatan (dosa) mencegah dosa serta dapat menghindarkan penyakit dari badan (HR.Imam Tarmidji & Ahmad) Baca juda : Tips mudah bangun malam untuk shalat tahajud)
Hadits diatas menjelaskan bahwa shalat tahajud merupakan kebiasaan Rasulullah dan orang-orang shaleh terdahulu. Shalat tahajud merupakan ibadah yang sangat mulia, dimana terdapat keajaiban didalamnya. Agar lebih jelasnya, simak beberapa keajaiban shalat tahajud seperti berikut ini:
1. Shalat Tahajud menjadi tiket masuk surga
Abdullah Ibn Muslin berkata “kalimat yang pertama kali ku dengar dari Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam saat itu adalah, “Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, bagikanlah makanan, sambunglah silaturahmi, tegakkan lah shalat malam saat manusia lainnya sedang tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).
2. Shalat tahajud menjadi penolong di akhirat
Allah Subhanhu Wa Ta'ala berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada di dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka adalah telah berbuat baik sebelumnya (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah).” (QS. Az Zariyat: 15-18)
3. Shalat tahajud menjadi penyembuh penyakit hati dan jasmani
Salman Al Farisi berkata, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, “Dirikanlah shalat malam, karena sesungguhnya shalat malam itu adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kamu, (shalat malam dapat) mendekatkan kamu kepada tuhanmu, (shalat malam adalah) sebagai penebus perbuatan buruk, mencegah berbuat dosa, dan menghindarkan diri dari penyakit yang menyerang tubuh.” (HR. Ahmad)
4. Shalat tahajud menjadi sarana meraih kemuliaan
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, “Jibril mendatangiku dan berkata, “Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena engkau akan mati, cintailah orang yang engkau suka, karena engkau akan berpisah dengannya, lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasannya, ketahuilah bahwa sesungguhnya kemuliaan seorang muslim adalah shalat waktu malam dan ketidakbutuhannya di muliakan orang lain.” (HR. Al Baihaqi) Baca selengkapnya disini.... (Keajaiban Shalat Tahajud 2)

Loading...
Previous
Next Post »
loading...