Loading...

Penyakit Meningitis, Radang Otak Penyebab Kematian

Beberapa hari yang lalu, public baru saja diguncang prahara setelah mendengar kabar meninggalnya artis multi talenta, Olga Syahputra. Di Usia yang terbilang masih muda, yakni 32 tahun, Olga harus tutup usia akibat serangan penyakit Meningitis. Bukan tanpa usaha, Olga sudah hampir setahun lebih absen dari dunia hiburan demi proses pengobatan di Rumah sakit dalam dan luar negeri.
Menginitis, apa sich penyebabnya? Menginitis merupakan penyakit radang selaput otak yang disebabkan berbagai organisme, misalnya : jamur, bakteri, dan virus. Bakteri penyebab meningitis sendiri cukup banyak, diantaranya : Listeria monocytogenes, Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenzae,Neisseria meningitidis, Mycobacterium tuberculosis, dan Staphylococcus aureus. Dilihat dari penyebabnya, meningitis ada yang bisa disembuhkan ada juga yang sulit. Jika disebabkan oleh virus, biasanya tidak terlalu bahaya dan bisa disembuhkan tanpa adanya perawatan secara spesifik. Berbeda lagi jika penyebabnya adalah bakteri, karena bisa berakibat serius dari mulai kehilangan pendengaran, kejang, dan kerusakan otak yang menjurus ke cacat menetap, bahkan kematian.

Siapa sajakah yang beresiko tertular penyakit Meningitis?

Seseorang yang berhubungan atau berada di wilayah dengan epidemic penyakit meningokokus yang merupakan penyebab meningitis, misalnya Arab Saudi. itulah sebabnya anggota Jemaah haji/umroh diwajibkan menjalani vaksinasi meningitis.

Bagaimana Penularan Meningitis?

Penularan bakteri bisa langsung terjadi melalui udara, kontak dnegan cairan di saluran pernafasan, kontak cairan tubuh. Kuman/bakteri penyebab meningitis akan dnegan mudah masuk ke daerah nasofaring yang kemudian menembus selaput lendir. Jika imunitas tubuh seseorang mulai lemah, maka kuman/bakteri tersebut akan mudah masuk kedalam sirkulasi darah dan menyebar ke selaput otak, jantung, sendi, dan seluruh tubuh.

Gejala Yang dirasakan oleh Penderita Meningitis

Ketika seorang telah terkena penyakit meningitis, maka akan mengalami beberapa gejala khas, yakni : mual, sakit kepala, muntah, kaku di belakang leher, demam tinggi, takut pada cahaya terang, takut dnegan suara keras, bingung, dan susah bangun dari tidurnya.

Bahaya sekali khan? Untuk itu jangan abaikan vaksinasi sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit berbahaya ini. Tidak hanya ketika melakukan perjalanan Haji/Umroh, tapi ketika melakukan perjalanan keluar negeri juga sebisa mungkin lindungi diri dengan Vaksinasi Meningitis. Alasannya, saat ini penderita meningitis mulai tersebar di beberapa Negara lainnya. Jadi alangkah baiknya sedia paying sebelum hujan, khan?

Loading...
Previous
Next Post »
loading...