Siapakah yang Berisiko Mengalami Penyakit Meningitis?

Penyakit meningitis, apakah itu? Mungkin penyakit ini terdengar asing, karena memang tidak seperti penyakit lainnya yang cukup terkenal, misalnya diabetes, kanker, hipertensi, dan lain-lain. Namun semenjak berita kematian artis Olga Syahputra, beberapa orang mulai mengenal apa itu Meningitis. (Penyakit Meningitis, radang Otak Penyebab Kematian)
Penyakit meningitis sendiri merupakan penyakit yang menimpa seseorang akibat adanya infeksi meninges atau selaput yang melindungi system syaraf pusat. Infeksi tersebut terjadi akibat terjadinya peradanggan yang diakibatkan microorganism (virus, bakteri atau kuman) pada selaput meninges.(Syirik Tanpa Sadar, Apakah Kita Melakukannya?)
Siapa sajakah yang bisa terserang Penyakit Meningitis?
Penyakit meningitis bisa menyarang siapa saja tanpa pandang usia. Jadi tidak hanya orang dewasa saja, karena anak-anak dan orang tua juga rentan terkena penyakit ini. Siapa sajakah yang rentan terkena penyakit meningitis? Ternyata selain dilihat dari kelompok umur, beberapa orang bisa juga beresiko mengalaminya, antara lain :
•    Seseorang yang mempunyai pleuroperitoneal CSF pada otak.
•    Seseorang yang pernah menggunakan prosedur tulang belakang, misalnya suntik anestesi tulang belakang.
•    Cacat dural
•    Penderita diabetes
•    Positif terinfeksi bakteri Endokarditis
•    Pecandu minuman beralkhohol
•    Pecandu narkotika jenis suntik
Nah, sudah jelas khan? Sebenarnya penyebab penyakit meningitis bukan termasuk virus yang berbahaya, hanya saja jika dibiarkan justru bisa berakibat fatal terhadap kesehatan, misalnya ; kerusakan otak, rusaknya pendengaran hingga kematian.
Pengobatan Penyakit Meningitis
Adakah pengobatan yang bisa dilakukan untuk penyakit meningitis? Pengobatan yang terbaik tentu saja harus dibawa ke rumah sakit, karena selama proses pengobatan dan penyembuhan penyakit, pasien harus menjalani sejumlah pemeriksaan fisik dan laboratorium, mulai dari tes darah, rontgen hingga cek cairan selaput otak.


Loading...
Previous
Next Post »
loading...