Anak Suka Jajan, Waspadai Zat Berbahaya Penyebab Kanker

Anak suka jajan? Wajar, namanya juga anak-anak! Tapi membiarkan anak jajan sembarangan tidaklah bijak. Sebagai orang tua, kita memiliki tugas yang besar untuk menjaga dan melindungi anak dari segala sesuatu yang mebahayakan kesehatannya. Tahukah Anda jika dibalik jajanan yang dikonsumsi anak-anak, ada bahaya yang mengintai kesehatan anak-anak di masa yang akan datang.
Berdasarkan beberapa penelitian, terbukti bahwa kebanyakan jajanan anak-anak mengandung zat berbahaya yang menyebabkan kanker. Hem, Anda pasti terkejut, bagaimana mungkin jajanan yang menjadi favorit anak-anak justru menjadi sumber bencana bagi mereka di masa mendatang. Ingin tahu, zat berbahaya penyebab kanker yang terdapat dalam jajanan anak? Simak penjelasannya berikut :

•    MSG atau penyedap rasa.

Umumnya, MSG selalu ada dalam jajanan anak, karena produsen sangat memahami jika anak-anak sangat menyukai rasa gurih. Padahal penggunaan MSG, baik sedikit maupun banyak tetap menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, termasuk pemicu kanker.

•    Bahan Pengawet.

Bahan kimia pengawet biasa digunakan dalam jajanan anak, misalnya borak dan formalin. Padahal terus menerus mengonsumsi makanan berpengawet dapat menyebabkan penyakit berbahaya, misalnya : diare, kanker, dan gangguan kesehatan lain.

•    Pemanis buatan.

Banyak jajanan yang memiliki rasa manis, misalnya minuman instan, roti, biscuit, dan lainnya. Sayangnya, rasa manis tersebut justru membahayakan kesehatan anak, karena terbuat dari pemanis buatan. Seperti yang kita tahu, penggunaan pemanis buatan yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit, salah satunya kanker.
•    Bahan Pewarna Rodamin B.
Sering melihat jajanan dengan warna cerah dan menarik? Hati-hati, bisa jadi jajanan tersebut bercampur pewarna kimia berbahaya. Jajanan dnegan pewarna kimia dapat menyebabkan masalah kesehatan, termasuk kanker. 

•    Lemak trans atau lemak jahat.

Lemak trans yang terdapat pada jajanan dapat menyebabkan obesitas yang nantinya memicu penyakit berbahaya, diantaranya jantung, kanker, dan lainnya.

•    Nitrosamin

Nitrosamin bisa disebut sebagai bahan untuk penambah aroma makanan. Biasanya, zat kimia ini ditambahkan pada jajanan favorit anak, diantaranya : kornet, keju, sosis, dan lain-lain.
Wah… pasti Anda tercengang melihat penjelasan tentang zat-zat berbahaya yang terkandung dalam jajanan Anak diatas. Untuk mengantisipasinya, ada baiknya jika Anda melakukan beberapa hal berikut ini :
•    Biasakan membuat cemilan sehat sendiri untuk anak
•    Bawakan bekal makanan dan minuman setiap kali anak sekolah atau bepergian
•    Pastikan anak sudah sarapan di rumah, hingga mereka tidak tergoda membeli jajanan berbahaya di sekolah
•    Jelaskan alasan Anda melarang mereka jajan sembarangan, tentunya dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh mereka.
•    Tunjukkan bahaya/penyakit akibat mengonsumsi makanan mengandung zat-zat kimia
Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi kita semua. Salam sehat!

Loading...
Previous
Next Post »
loading...