Loading...

Suka Tidur Dengan Lampu Menyala? Waspadai Bahayanya!

Tidur merupakan moment yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh setelah lelah beraktivitas seharian. Tidur yang cukup akan membuat tubuh lebih bugar saat bangun dan badan juga lebih sehat. Sayangnya masih banyak orang mengabaikan waktu tidur yang tepat dengan memelihara kebiasaan begadang, padahal kurang tidur dapat berakibat konsentrasi berkurang dan gangguan kesehatan lain, seperti : diabetes, stroke, obesitas, hipertensi, dan lain sebagainya. (Konsisten hidup sehat untuk menangkal warisan penyakit)
Ketika tidur, sebagian orang memilih mematikan lampu, namun sebagian yang lain justru membiarkan lapu dalam kondisi menyala. Sebenarnya, mana sich yang lebih bagus diantara keduanya? Bagi yang suka merasa horor, tidur dalam kondisi lampu menyala memang dapat meminimalisir rasa takut, namun dibalik itu semua, ada bahaya yang siap mengancam kesehatan Anda. (Waspadai, buah dan sayuran ini mengandung racun)
Gambar/tribunnews
Tidur dengan kondisi ruangan yang gelap bisa memberikan efek kesehatan bagi organ tubuh, sebaliknya tidur dalam kondisi lampu menyala berpotensi terkena gangguan kesehatan yang cukup serius.  Ingin tahu, apa saja bahaya yang mengancam bagi seseorang yang tidur dengan lampu menyala, intips aja yuk :

•    Mengganggu kerja hormon kekebalan tubuh

Dalam tubuh kita terdapat hormon melatonin yang merupakan hormon kekebalan tubuh untuk menangkal penyakit berbahaya, seperti : kanler payudara, dan kanker prostat. Hormon ini akan berhenti berproduksi jika Anda tidur dalam kondisi lampu menyala, karenanya usahakan tidur dalam kondisi gelap.

•    Menyebabkan gangguan kesehatan

Tidur dalam kondisi lampu menyala dapat mengganggu jam biologis tubuh yang berakibat pada gangguan kesehatan, seperti : insomnia, gangguan metabolisme, diabetes, dan penyakit kardiovaskuler.

•    Merangsang pertumbuhan sel kanker

Khusus bagi para wanita, tidur dalam kondisi gelap dapat meminimalisir risiko terkena penyakit kanker payudara dan kanker usus.

•    Memicu obesitas

Lampu menyala membuat tidur menjadi kurang nyenyak dan mengurangi kualitas tidur. Jika dibiarkan terus menerus, maka akan menyebabkan obesitas. Bahkan, dalam sebuah penelitian oleh Tim ilmuwan dari Cancer Research di London menyebutkan jika wanita tidur dengan lampu menyala lebih rentan mengalami peningkatan massa tubuh, index, rasio pinggang & panggul serta lingkar pinggang.
Nah, setelah tahu bahayanya, mana yang akan Anda pilih? Mematikan lampu saat tidur atau membiarkan saja menyala hingga pagi? Selain manfaat yang disebutkan diatas, mematikan lampu saat tidur juga dapat membantu menghemat energi, membuat tidur lebih nyenyak, dan menjaga kesehatan mata. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua.
source

Loading...
Previous
Next Post »
loading...