Loading...

Ternyata, Biji Buah-Buahan Ini Kaya Manfaat Loh!

Buah-buahan, termasuk menu pelengkap yang wajib dikonsumsi karena kandungan gizinya yang tinggi dan baik untuk kesehatan. Ketika menikmati buah-buahan, kita pasti sering mendapati biji didalamnya. Kebanyakan orang memilih membuangnya begitu saja, padahal beberapa biji buah-buahan yang dianggap tidak berharga tersebut justru menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. (Manfaat Buah, Daun, dan Akar)
Hem, kira-kira biji buah apa sajakah yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan? Simak informasinya berikut :

Biji semangka

Kebanyakan orang memilih membeli semangka non biji, karena menganggap biji sebagai hal yang mengganggu. Padahal biji semangka memiliki kandungan gizi yang bagus untuk kesehatan, diantaranya : asam aminoarginin, triptofan, lisin dan asam glutamat), Vitamin B (niasin, thiamin, folat, riboflavin, asam pantotenat, dan Vitamin B6), mineral penting (zat besi, fosfor, tembaga, seng, mangan, kalium,  natrium), dan asam lemak omega-6. Dari kesemua kandungan nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Biji Anggur

Biji anggur memiliki kandungan gizi yang sangat kaya, diantaranya : biovlavonoid, Vitamin A, C, dan E, dan kaya antioksidan sehingga sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Biji Pepaya

Mungkin sebagian dari Anda sering menyepelekan biji pepaya, padahal selain bisa dimanfaatkan sebagai bibit, biji pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Biji pepaya memiliki sifat anti bakteri sehingga efektif membasmi bakteri salmonela, E-coli, dan infeksi. Selain itu, biji pepaya juga bisa menetralisir racun tubuh, melindungi ginjal dan hati.

Biji Labu Kuning

Labu kuning biasa dimanfaatkan bagian daging buahnya, padahal ada bagian lain yang tak kalah  bermanfaat, yakni bijinya. Biji labu mengandung nutrisi penting, diantaranya  : serat, zink, antioksidan, Vitamin E, fenol, asam omega-3, dan mineral penting (fosfor, magnesium, triptofan, dan mangan)

Biji Buah Markisa

Ternyata bukan hanya daging buahnya yang nikmat, biji markisa juga memiliki kandungan nutrisi yang besar, diantaranya : serat dan kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Biji Delima

Kebanyakan orang tahu kalau delima hanya dinikmati bagian dagingnya yang tipis, padahal biji delima justru mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kandungan gizi pada delima, diantaranya : omega 3, Vitamin C, serat, polifenol, karbohidrat, dan mineral penting.

Biji Durian

Kebanyakan orang hanya menggandrungi daging buah durian yang lezat dan membuang bijinya. Padahal bijinya justru mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk kesehatan, diantaranya : protein, lemak, karbohidrat, fosfor, dan kalsium. Biji buah durian bisa dimanfaatkan sebagai cemilan, misalnya bubur, kripik, atau produk olahan yang lainnya.

Manfaat Biji Rambutan

Ternyata tidak hanya daging rambutannya saja yang bermanfaat, karena ternyata biji buah rambutan juga bermanfaat untuk menyembuhkan kencing manis. Menurut berbagai penelitian, biji rambutan mengandung beberapa senyawa penting, diantaranya : flavonoid, felonik, methanol.Cara mengonsumsinya bisa dengan membakar bijinya atau menyangrai terlebih dahulu.
Selain biji buah-buahan yang disebutkan diatas, mungkin masih banyak manfaat lain yang bisa kita ambil dari biji buah-buahan yang sering diabaikan. Semoga bermanfaat!

Loading...
Previous
Next Post »
loading...