Benarkah Sariawan Penyebab Kanker Mulut dan Lidah?

Belakangan ini, banyak penyakit yang awalnya biasa ternyata menjadi berbahaya, salah satunya sariawan. Beberapa orang yang menderita sariawan merasa cemas, karena ada informasi jika sariawan merupakan salah satu gejala kanker. Benarkah demikian? Sariawan merupakan penyakit yang umum diderita kebanyakan orang. Penyebab sariawan juga beragam, diantaranya : kekurangan vitamin B12 dan zat besi, infeksi virus/bakteri, stress, kurang vitamin C, kebersihan mulut yang tidak terjaga, mengonsumsi makanan panas, dan lain sebagainya. (Bahaya Demam pada anak dan cara mengatasinya)
Ilustrasi lidah
Sedangkan kanker mulut adalah salah satu jenis kanker yang tumbuh di area mulut dan bisa menyebar luar ke area lainnya. Penyebab dari penyakit kanker juga beragam, diantaranya : factor genetic, kesehatan mulut tidak terjaga, kebiasaan tidak sehat (mero*ok dan minum al*ohol), terpapar virus, zat karsinogen dan radiasi ionisasi.

Sariawan bisa menjadi Gejala Kanker Mulut, Apabila…

Meskipun hanya sariawan, namun kita patut mewaspadainya apalagi jika tidak kunjung sembuh selama lebih dari dua minggu dan disertai gejala lain, misalnya pembengkakan kelenjar getah bening, benjolan besar pada rongga mulut, demam, penurunan berat badan, dan lain sebagainya.
Ada baiknya kita segera waspada dengan memeriksakan diri, karena apabila terdeteksi dalam stadium lanjut, maka pengobatan akan jauh lebih berat lagi karena sel kanker sudah menyebar ke organ tubuh lainnya, antara lain ; kepala, paru-paru, lever, dan kelenjar getah bening di leher.

Sariawan bisa merupakan Gejala Kanker Lidah, Apabila..

Kanker lidah memiliki gejala yang hampir mirip dengan sariawan pada lidah, yakni : muncul bercak keputihan/kemerahan pada lidah yang kemudian terasa sakit. Meski demikian, Anda jangan terlalu cemas dan takut karena luka pada sariawan dan kanker lidah itu memiliki ciri-ciri yang berbeda.
Waspadai jika sariawan pada lidah memiliki ciri-ciri, diantaranya : tidak kunjung sembuh dalam waktu dua minggu, bercak pada lidah semakin lama makin membesar dan keras, tekstur bercak lunak dan mudah berdarah, rasa sakit pada tenggorokan saat menelan, lidah mati rasa, kedulitan membuka mulut, sakit menjalar ke telinga, dan penurunan berat badan.

Sariawan bukan merupakan gejala Kanker, apabila..

Ketika mengalami sariawan yang tak kunjung sembuh, Anda tidak bisa langsung mengartikan jika yang Anda alami merupakan gejala kanker. Apalagi jika sariawan yang Anda derita tidak disertai gejala sebagaimana yang disebutkan diatas.
Nah, agar Anda merasa tenang dan yakin kalau sariawan yang Anda derita bukanlah gejala kanker, simak ciri-cirinya berikut :
•    Letak luka sariawan berada di selaput bibir, lidah dan pipi, bawah lidah, dan cekungan antara gusi dengan bibir/pipi.
•    Luka sariawan tidak disertai demam, peradangan getah bening/limfa.
•    Luka sariawan tidak mudah berdarah
•    Penderita masih bisa mengunyah dan menelan makanan dengan baik
•    Tidak terdapat benjolan di bibir, gusi atau lidah
•    Tidak terdapat bercak putih, merah/gelap pada mulut dan lidah
•    Dan tanda-tanda aneh lainnya
Kanker memang penyakit berbahaya yang patut diwaspadai, karena itu jagalah kesehatan gigi dan mulut, hindari pemicu penyakit kanker mulut/lidah, dan rutin periksakan kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Dirangkum dari berbagai sumber

Loading...
Previous
Next Post »
loading...