Loading...

Tips Sukses Menyusui Saat Berpuasa

Sujanews
Bulan ramadhan termasuk moment paling istimewa yang sangat dinantikan kaum muslim di seluruh dunia. Puasa pada bulan ramadhan hukumnya wajib bagi setiap muslim, termasuk juga ibu menyusui. Meski demikian, Islam memberikan kelonggaran pada Ibu hamil, ibu menyusui, orang sakit, dan lanjut usia untuk tidak berpuasa dan menggantinya di hari yang lain atau membayar fidyah. (5 Hal yang harus dipersiapkan Saat bulan Ramadhan)
Namun bisa dibayangkan betapa beratnya menjalani puasa sendirian tanpa teman. Selain itu, pasti semua orang ingin merasakan keistimewaan bulan ramadhan, dimana setiap pahala akan dilipatgandakan. Hem, kira-kira bagaimana cara menyiasatinya ya? Ternyata ibu menyusui bisa tetap menjalankan ibadah puasa tanpa harus takut/cemas akan kekurangan ASI. Nah, bagi ibu menyusui yang ingin menjalankan puasa ramadhan, silahkan simak Tips Sukses Menyusui Saat Puasa berikut ini : (Ibu Menyusui Harus Berhenti Puasa Apabila...)

Jaga asupan makanan dengan gizi lengkap dan seimbang

Ibu hamil harus memastikan asupan makanan bergizi lengkap dan seimbang saat buka puasa, sahur, dan malam hari setelah solat tarawih. Pastikan konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna yaa!

Cukupi asupan cairan

Jaga asupan cairan saat puasa agar terhindar dari dehidrasi dan kebugaran tetap terjaga. Selain itu, Ibu menyusui bisa melengkapi dengan minum susu, jus buah, sari kacang hijau, dan minuman bernutrisi lainnya yang bagus untuk merangsang kelancaran ASI.

Mengonsumsi makanan pelancar ASI

Agar ASI tetap lancar selama berpuasa, Ibu bisa mengonsumsi makanan/minuman yang berkhasiat melancarkan ASI, diantaranya : sari kurma, madu, habbatussauda, sayuran dan lain sebagainya.

Atur pola istirahat yang cukup

Puasa dan merawat si kecil pasti menguras tenaga Anda bukan? Untuk itu, atur pola istirahat yang baik dan hindari memforsir tenaga Anda.

Jangan batasi memberikan ASI

Jangan pernah khawatir akan kehabisan ASI ketika puasa. Semakin sering menyusui, maka produksi ASI akan semakin banyak.  Jadi, jangan pelit memberikan ASI untuk buah hati tercinta yaa…

Berdoa agar diberikan kelancaran dan kekuatan

Ketika berniat menjalankan puasa ramadhan dalam kondisi menyusui, pastikan Anda berdoa dan meminta kepada Allah agar diberikan kekuatan, kesabaran, dan kelancaran dalam menjalankan puasa ramadhan.
Semoga ibadah puasa Anda lancar tanpa ada satu hambatan apapun yaa. Selamat menjalankan ibadah puasa!

Loading...
Previous
Next Post »
loading...