Ingin Bertemu Lailatul Qadar? Kenali Ciri-Cirinya Yuk!

Sepuluh hari terakhir ramadhan merupakan moment yang paling dinantikan oleh semua muslim, karena pada saat itu terdapat satu malam special yang penuh keistimewaan, yakni : lailatul qadar. Lailatul qadar disebut juga sebagai malam seribu bulan, bahkan dalam Al Quran dan hadits banyak disebutkan tentang keistimewaannya, salah satunya Surat Al Qadr:1-5: (Bahaya dibalik Pemakaian Pembalut Wanita)
Sesungguhnya Kami telah menurunkan (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan  lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhan untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh dengan kesejahteraan hingga terbit fajar.” (7 Keistimewaan Lailatul Qadar yang Wajib Anda Ketahui)
Sayangnya tidak banyak yang mengetahui kapan tepatnya malam lailatul qadar, sehingga semua muslim harus bersemangat menjemputnya dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Meski demikian, Rasulullah menyebutkan bahwa moment istimewa terletak pada satu malam, yakni :
Rasulullah saw. bersabda, “Carilah lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.” (H.R  Bukhari). 
Dalam riwayat lainnya, disebutkan sebagai berikut,
“Carilah lailatul qadar di sepuluh malam terakhir, namun jika ia ditimpa keletihan, maka janganlah ia dikalahkan pada tujuh malam yang tersisa.” (HR. Muslim)
Agar tidak penasaran, simak ciri-ciri malam lailatul qadar berikut ini :
•    Datangnya tepat pada hari ganjil di sepuluh hari terakhir sebelum ramadhan
•    Pada malam tersebut, bulan nampak terlihat separuh bulatan
•    Suasana malam lebih terang, udara sejuk, tidak berawan, tidak hujan dan tidak ada angin kencang
•    Orang yang beribadah pada malam tersebut akan merasakan lezatnya ibadah dan hatinya lebih tenang daripada malam-malam biasanya
•    Terkadang sampai terbawa mimpi
•    Keesokan harinya, cahaya mentari nampak redup, tidak secerah biasanya
•    Suasana keesokan paginya sangat tenang, tidak panas dan tidak terlalu dingin
Dengan mengetahui ciri-cirinya, semoga kita semakin bersemangat menjemput malam lailatul qadar yang penuh kemuliaan. Dan semoga kita termasuk salah satu orang yang diberikan keberuntungan bisa merasakan lezatnya beribadah di malam yang penuh keagungan. Amiin YRA.


Loading...
Previous
Next Post »
loading...