Pantangan Makanan Untuk Penderita Stroke

Stroke termasuk satu penyakit mematikan ketiga setelah jantung dan kanker. Stroke bisa menyerang siapa saja baik tua maupun muda. Gaya hidup tidak sehat menjadi penyumbang pertama meningkatnya penderita stroke. Stroke seringkali membuat penderitanya putus asa, padahal stroke bukanlah penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Selain menjalani pengobatan yang tepat, penderita stroke juga harus memperhatikan pantangan makanan untuk penderita stroke agar proses penyembuhan berjalan cepat dan tidak menyebabkan komplikasi yang lebih berat. (5 Makanan Yang Memicu Penyakit Jantung)
Apa sajakah pantangan makanan untuk penderita stroke? Simak informasinya berikut ini:

Makanan mengandung garam tinggi

Garam membuat tubuh kita menahan banyak cairan sehingga memicu peningkatan tekanan darah dan hal itu memperburuk kondisi penyakit stroke. (Manfaat Semut Jepang dan Efek Samping bagi Kesehatan)

Makanann yang mengandung pengawet

Makanan pengawet, seperti : makanan kaleng dan daging asap harus dihindari penderita stroke, karena terbukti merusak pembuluh darah penderita dan memperburuk kondisi penderita stroke. (Cara Membuat Ketupat enak dan Tidak Mudah Basi)

Makanan yang mengandung lemak jenuh

Contoh makanan mengandung lemak dan kolesterol antara lain : minyak kelapa, keju, santan, mentega, daging dan susu. Makanan tersebut dapat memicu penyempitan darah dan memperburuk kondisi stroke.

Makanan yang mengandung lemak trans

Contoh makanan yang mengandung lemak trans adalah : kerupuk, biskuit, kripik, makanan yang dipanggang dan digoreng. Selain mengandung kalori tinggi yang memicu obesitas, makanan kaya lemak trans juga bisa memperburuk kondisi penderita stroke, karena membuat kadar LDL meningkat.

Makanan yang mengandung kolesterol

Makanan berkolesterol harus dijauhi oleh penderita stroke, karena memicu penumpukan plak pada pembuluh darah sehingga berisiko menyebabkan komplikasi penyakit jantung dan memperburuk kondisi penderita. Contoh makanan yang mengandung kolesterol tinggi adalah : udang, cumi, kepiting, daging kambing, bebek, kuning telur, kulit ayam, jerohan, dan lain sebagainya.

Makanan yang mengandung gula alkhoholik

Makanan mengandung alkohol dapat mempengaruhi tekanan darah penderita. Contoh makanan yang mengandung gula alkoholik, antara lain : tape, durian, alkhohol.

Makanan yang mengandung kadar gula tinggi

Gula dapat memicu kegemukan dan penyumbatan pembuluh darah yang memperburuk kondisi stroke.
Penderita stroke bisa sembuh dan hidup dengan normal asalkan mau menjalani pengobatan dengan baik dan menjaga gaya hidup sehat. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.


Loading...
Previous
Next Post »
loading...