Waspadai Ancaman Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi dalam tubuh biasa disebut “Silent Killer”, karena dapat menyebabkan kematikan jika tidak segera diobati. Sebenarnya tubuh membutuhkan kolesterol, namun kadarnya yang tepat adalah 160-200 mg. Jika lebih dari jumlah tersebut, maka perlu diwaspadai, karena Anda berada dalam zona bahaya. Sebenarnya, kolesterol tinggi bukanlah penyakit tapi suatu kondisi tidak seimbang dalam tubuh yang kemudian mengakibatkan penyakit berbahaya mulai bermunculan. (NYeri Dada Akibat Penyakit Jantung)

Bagaimana kolesterol tinggi bisa membahayakan tubuh?

Kita semua pasti tahu jika semua jaringan dan organ tubuh serta sel sangat membutuhkan asupan nutrisi dan oksigen yang cukup agar berfungsi dengan baik. Asupan nutrisi dan oksigen sendiri bisa didapatkan dari system peredaran darah. Nah, jika kadar kolesterol dalam tubuh tinggi, secara otomatis akan menumpuk dalam saluran pembuluh darah. Jika jumlahnya terus bertambah, maka kolesterol akan mengeras dan menjadi plak yang menyulitkan system pembuluh darah untuk mensuplai nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya sel tubuh akan mengalami kerusakan dan disfungsi pada organ tubuh tertentu.
Hem, kira-kira apa sajakah penyakit yang siap mengancam akibat kolesterol tinggi? Agar lebih jelasnya, berikut ini  beberapa penyakit yang siap mengancam akibat kolesterol tinggi :

1.    Jantung Koroner

Ancaman penyakit utama akibat kolesterol tinggi adalah jantung coroner. Kolesterol tinggi dapat menumpuk pada dinding pembuluh darah arteri sehingga menyebabkan plak. Plak yang terus mengeras membuat pembuluh darah arteri menyempit, akibatnya asupan nutrisi dan oksigen ke jantung terhambat. Jika kolesterol dibiarkan menumpuk, maka penyumbatan total pada pembuluh darah jantung akan terjadi dan ancaman serangan jantung akan sulit dihindarkan.

2.    Stroke

Saluran pembuluh darah yang menuju otak mengalami sumbatan akibat kolesterol tinggi, maka penyakit yang siap mengancam Anda adalah Stroke atau kematian sel saraf otak.

3.    Impotensi

Impotensi siap mengancam para lelaki apabila kadar kolesterol terus meninggi dan menyebabkan sumbatan pada saluran pembuluh darah yang menuju ke organ alat vital tersebut.

4.    Arteri Perifer

Ancaman penyakit lain yang siap menyerang akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah adalah Arteri Perifer. Penyakit ini biasanya akan menyerang pembuluh darah di tungkai.

5.    Hipertensi

Plak yang terus menempel dan menumpuk pada pembuluh darah menyebabkan arteri mengeras dan menyempit, akibatnya jantung akan kesulitan memompa darah sehingga memicu tekanan darah tinggi.
Banyaknya ancaman penyakit akibat kolesterol tinggi seharusnya membuat Anda lebih waspada lagi. Lebih baik mencegah atau menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sebelum berakibat fatal. Cara yang bisa Anda lakukan mulai sekarang adalah menjaga pola hidup dan makan yang sehat serta rutin berolahraga.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...