Loading...

Nyeri Dada Tanda Penyakit Jantung yang Harus Anda Ketahui

Gambar
Pernahkah Anda mengalami nyeri pada dada? Nyeri dada tidak boleh dianggap remeh, karena dapat berakibat fatal jika merupakan tanda awal penyakit jantung. Namun jangan terburu-buru merasa cemas atau sedih, karena bisa jadi nyeri dada tersebut merupakan gejala penyakit lainnya. Agar tidak salah tebak, ada baiknya Anda mengetahui lokasi nyeri dada yang merupakan tanda penyakit jantung, yakni : belakang tulang dada, belakang dada menjalar hingga leher, dari dada menjalar ke bahu, dari dada menjalar ke rahang, dari dada bawah ke ulu hati, dan daerah punggung. (Waspadai, 5 Makanan Ini Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung)

Kenapa Sakit Jantung Menyebabkan nyeri dada?

Mungkin Anda heran, kenapa penyakit jantung memiliki gejala nyeri dada? Karena jantung terletak di dalam rongga dada bagian tengah dan agak ke kiri. Karena itu, apabila jantung mengalami masalah, maka secara otomatis dada akan ikut mengalami keluhan. (Makanan sehat Untuk Jantung Sehat)

Cici-ciri nyeri dada akibat penyakit jantung

Nyeri dada memang tidak selalu akibat penyakit jantung, karena bisa jadi merupakan gejala penyakit lainnya. Agar tidak salah, simak ciri-ciri nyeri dada akibat sakit jantung berikut :
•    Nyeri dada bersifat tumpul, yaitu rasa seperti dihimpit benda berat, sesak berat, dan seperti terbakar.
•    Ada yang mengalami rasa nyeri seperti ditusuk-tusuk
•    Rasa nyeri menyebar pada bagian dada kiri selama kurang lebih 20 menit
•    Nyeri menjalar melalui saraf menuju ke bahu, lengan kiri dan tembus ke punggung dan leher.
•    Nyeri dada terjadi saat kerja jantung meningkat, misalnya : olahraga, stress, emosi, marah. Dan rasa nyeri berkurang setelah istirahat atau menenangkan diri.
•    Nyeri dada umumnya disertai gejala lainnya, misalnya : keringat dingin, lemas, mual, denyut jantung cepat dan lain sebagainya.

Apa yang harus dilakukan jika Mengalami nyeri dada?

Jika Anda menjumpai saudara atau teman Anda mengalami nyeri dada yang merujuk pada gejala awal penyakit jantung. Segera istirahatkan dengan cara berbaring hingga rasa nyeri reda atau berkurang. Setelah itu, segera bawa ke rumah sakit terdekat untuk memastikan kondisi kesehatannya.
Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Ketika mengalami nyeri dada tanda awal penyakit jantung, jangan abaikan karena jika terlambat akan berakibat fatal. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.


Loading...
Previous
Next Post »
loading...