Loading...

Awas! Cara Minum yang salah Dapat Membahayakan Kesehatanmu

Minum air putih termasuk satu hal yang wajib dilakukan setiap hari. Selain menghindari dehidrasi, minum air putih dalam jumlah yang cukup dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan. Meskipun sudah banyak yang tahu pentingnya mencukupi kebutuhan cairan, namun sayangnya masih banyak yang melakukan kesalahan saat minum. Padahal kebiasaan minum yang salah dapat membahyakan kesehatan loh… 
Minum air/tipskesehatanlengkap.com
Hem, pasti heran, kira-kira  apa sajakah kesalahan yang sering dilakukan saat minum dan bagaimana cara memperbaikinya? Simak informasinya berikut ini :

1.    Kebiasaan Minum Berdiri

Punya kebiasaan minum air sambil berdiri? Hati-hati loh, karena ada bahaya yang siap mengancam kesehatanmu. Hem, kok bisa? Ternyata, di dalam tubuh manusia terdapat filter yang bernama Sfringer, yakni suatu struktur berotot yang bisa membuka dan menutup. Nah, pada saat Anda duduk, filter penyaring secara otomatis akan terbuka, sebaliknya akan menutup kembali ketika kita berdiri.
Jadi, apabila kita minum dalam posisi berdiri, maka filter dalam kondisi tertutup sehingga air tidak melalui penyaringan dan langsung masuk hingga ke kantong kemih. Apabila air minum masuk ke dalam kandung kemih tanpa difilter, maka akan kotoran akan mengendap dalam saluran ureter dan mengakibatkan gangguan pada ginjal, misalnya penyakit cristal ginjal. Sebaliknya jika kita minum dalam posisi duduk, maka posisi filter penyaring yang terbuka dapat memproses air yang masuk ke dalam tubuh.  

2.    Kebiasaan memaksa minum 8 gelas sehari

Mencukupi kebutuhan cairan bukan berrati kita harus minum air putih sebanyak-banyaknya. Karena dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya kandungan air, maka kita tidak harus memaksakan diri untuk minum sebanyak-banyaknya. Oiya, minum air juga tidak boleh dilakukan sekaligus ya, tapi dicicil beberapa kali dalam sehari. (Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan dan Kecantikan)

3.    Kebiasaan tidak minum air setelah olah raga

Olahraga dapat membuat Anda berkeringat, untuk itu Anda wajib minum air putih secukupnya guna menggantikan cairan tubuh yang keluar lewat keringat. (Khasiat luar Biasa Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan)

4.    Kebiasaan hanya minum saat haus

Saat haus, Anda wajib minum air agar tidak dehidrasi. Tapi bagaimana jika tidak merasa kehausan, apakah kita tidak perlu minum? Salah, organ tubuh tetap wajib diairi meskipun Anda tidak dalam kondisi haus. Jangan biarkan tubuh kekurangan cairan, karena selain mengakibatkan dehidrasi juga dapat meningkatkan risiko gagal ginjal dan infeksi saluran kemih.

5.    Kebiasaan tidur tanpa minum

Malas minum pada malam hari sesaat sebelum tidur? Jangan lakukan lagi ya! Ternyata  minum air menjelang waktu tidur sangat dianjurkan, karena air dapat membantu mengeluarkan racun tubuh yang keluar melalui air seni ketika Anda bangun tidur.
Semoga informasi tentang kesalahan yang dilakukan saat minum air diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...