Bahaya Trigliserida bagi Tubuh dan Cara Mengatasinya

Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak dalam darah yang diperlukan tubuh untuk diubah menjadi energy. Meski tubuh membutuhkan trigliserida, namun jumlahnya tidak boleh berlebihan karena dapat menimbulkan timbunan lemak pada kulit dan organ dalam. Selain itu, tingginya kadar trigliserida dalam darah dapat merusak kinerja hati dan pancreas serta menyebabkan terblokirnya aliran darah ke jantung dan otak sehingga risiko penyakit jantung dan stroke meningkat. 
cara mengatasi trigliserita tinggi
Trigliserida

Penyebab trigliserida dalam darah meningkat

Mungkin tidak banyak yang tahu, apa yang menjadi penyebab meingkatnya kadar trigliserida dalam darah. Selain factor genetic, ada beberapa factor lain yang menyebabkan trigliserida tinggi, yakni : makanan yang mengandung lemak, kebiasaan me*okok, al*ohol, obesitas, kopi, stress, kurang olahraga, pemakaian pil kontrasepsi, dan lain sebagainya.

Bahaya Trigliserida darah tinggi bagi kesehatan

Merusak pankreas

Pankreas termasuk organ tubuh yang penting untuk menghasilkan cairan pencernaan yang dibutuhkan untuk menyerap makanan. Tingginya kadar trigliserida dalam darah dapat menyebabkan muntah, sakit perut dan juga demam.

Menyebabkan penyakit jantung

Kadar trigliserida tinggi dapat menyumbat aliran darah ke jantung sehingga risiko penyakit jantung akan semakin meningkat.

Menyebabkan diabetes tipe 2

Kadar trigliserida tinggi dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, karena trigliserida tinggi termasuk satu kondisi yang disebut sindrom metabolic.

Menyebabkan stroke

Kadar trigliserida tinggi dapat mempengaruhi pembuluh darah menuju otak sehingga berisiko menyebabkan stroke.

Berbahaya bagi Organ hati

Lemak trigliserida yang tinggi pada organ hati dapat menyebabkan penyakit liver kronis dan berisiko menderita kanker dan gagal hati serta penyakit lainnya yang mengancam kehidupan.

Arteri perifer

Kadar trigliserida tinggi dalam tubuh juga berdampak pada penyakit arteri perifer, yang mengakibatkan rasa sakit dan mati rasa pada kaki saat berjalan.

Cara Alami untuk menurunkan kadar Trigliserida tinggi

Besarnya bahaya yang disebabkan tingginya kadar trigliserida dalam darah membuat kita patut mewaspadainya. Lakukan tes darah untuk mengetahui kadar trigliserida dalam tubuh Anda, jika jumlahnya dibawah 150 mg/dl maka kondisi tersebut bisa dibilang normal, namun jika lebih dari 150, maka patut diwaspadai. Untuk mengatasi kadar trigliserida tinggi, Anda bisa melakukan beberapa cara sederhana berikut ini :
•    Kendalikan berat badan
•    Konsumsi makanan kaya lemak sehat, misalnya : minyak zaitun, alpukat, minyak canola, dan lainnya.
•    Hindari lemak trans
•    Batasi asupan kalori
•    Batasi asupan yang mengandung kolesterol
•    Batasi asupan gula dan makanan olahan
•    Hindari ro*ok dan minuman al*ohol
•    Rutin olahraga
Semoga serangkaian informasi tentang bahaya trigliserida dan cara mengatasinya diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Menarik Lainnya

Loading...
Previous
Next Post »
loading...