Gejala Kolesterol Tinggi Yang Patut Diwaspadai

Kolesterol dalam tubuh dapat mengancam kesehatan, bahkan menyebabkan kematian.  Kolesterol sendiri merupakan komponen lemak yang terdapat pada pembuluh darah. Keberadaannya bisa dibilang cukup penting, yakni sebagai sumber energi, membentuk dinding sel-sel didalam tubuh, dan bahan dasar pembentukan hormon steroid. Meski demikian jika jumlahnyaberlebihan, maka akan menyebabkan penebalan plak pada lumen pembuluh darah yang menimbulkan kerusakan dinding pembuluh darah. (Sepuluh Makanan Yang Baik Untuk Kecerdasan Otak)
Kolesterol/www.neoalgae.com

Apabila penumpukan plak terjadi di jantung, maka dapat mengakibatkan gangguan jantung, sebaliknya jika terjadi di pembuluh darah otak maka akan mengakibatkan stroke. Meskipun secara umum tidak ada gejala kolesterol tinggi, namun terdapat beberapa indicator tubuh yang menunjukkan seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi. Hem, kira-kira apa sajakah gejala kolesterol tinggi yang biasa ditunjukkan oleh tubuh? Simak Informasinya berikut ini :

Perubahan Warna Kuku

Akibat sirkulasi darah terganggu, maka kuku tidak mendapat pasokan darah yang cukup sehingga akan terjadi perubahan yang cukup mudah dikenali, yakni : kuku menebal dan lebih lambat pertumbuhannya.

Rasa berat di tengkuk/pundak

Berkurangnya pasokan oksigen akibat penumpukan kolesterol akan memunculkan rasa berat pada tengkuk/kepala hingga ke punggung.

Rasa Nyeri pada kaki

Tersumbatnya pembuluh darah arteri membuat aliran darah ke kaki menjadi terhambat. Hal itu dapat mengakibatkan rasa nyeri atau tidak nyaman di kaki, misalnya : terasa berat, atau sakit yang menyebar di sekitar kaki dan akan hilang dnegan sendirinya saat bergerak atau berjalan.

Sering Mengantuk

Kada kolesterol yang tinggi umumnya menyebabkan seseorang mengalami gejala sering mengantuk. Hal ini akibat kurangnya asupan oksigen ke otak akibat penyempitan pada pembuluh darah oleh timbunan kolesterol.

Kram di malam hari

Orang yang memiliki kolesterol tinggi biasanya akan merasakan kram pada bagian kaki, misalnya : jemari kaki, kaki bawah, tumit dan lainnya. Rasa sakit tersebut akan hilang apabila Anda memposisikan kaki lebih tinggi dari badan.

Perubahan kulit

Pada posisi tertentu, Anda bisa melihat perubahan warna kulit menjadi lebih pucat akibat aliran darah yang terganggu, misalnya : saat duduk, saat kaki diangkat lebih tinggi. Pada awalnya kaki akan terlihat putih pucat, kemudian berubah menjadi kemerahan atau keunguan karena mulai dialiri darah.

Mati rasa

Mati rasa pada anggota tubuh seringkali dianggap sebagai gejala tinggi asam urat, padahal hal tersebut bisa juga akibat tingginya kolesterol.

Penyembuhan luka yang lamban

Indikasi yang satu ini umumnya berkaitan dengan penyakit diabetes. Lambannya penyembuhan luka tersebut akibat penurunan sirkulasi.

Munculnya benjolan pada anggota tubuh

Terjadinya penumpukan lemak menyebabkan munculnya benjolan diantara otot dan kulit (limpoma). Benjolan kecil dan lembut dengan diameter satu inchi bisa muncul pada daerah kaki, tangan, leher, maupun perut.
Apabila Anda mengalami gejala kolesterol tinggi yang sudah disebutkan diatas, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan Anda.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...