Kebiasaan Sehari-Hari yang Bisa Merusak Tulang

Siapa sich yang tidak ingin memiliki tulang yang sehat dan kuat hingga tua? Tulang termasuk bagian penting dari tubuh, karena tanpanya tubuh tidak akan bisa berdiri tegap. Memiliki tulang yang sehat dan kuat akan membantu melancarkan semua aktivitas Anda. Bayangkan jika tulang tak mampu lagi menopang tubuh Anda, maka secara otomatis ruang gerak Anda akan ikut terbatas bukan? Menyadari itu semua, ada baiknya Anda berusaha menjaga kesehatan tulang dengan berbagai cara, diantaranya : mengonsumsi sumber kalsium, olahraga, mencukupi asupan nutrisi yang bagus untuk tulang dan lainnya. (Lebih baik Makan Sayuran Mentah atau Matang?)
Gambar/yogahijab.com

Apakah hal itu sudah cukup untuk menjaga kesehatan tulang? Ternyata semua upaya diatas tidaklah cukup, karena tanpa disadari banyak kebiasaan sehari-hari yang bisa merusak tulang. Hem, agar tidak berakibat fatal, ada baiknya Anda mulai memahami beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa merusak tulang berikut ini :

Menghindari sinar matahari

Sinar matahari tidak selalu membahayakan, terutama di pagi hari, karena justru bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang. Untuk itu, agar kesehatan tulang Anda tetap terjaga, usahakan jangan menghindari sinar matahari pagi yang kaya Vitamin D.

Kurang olahraga

Kurang Olahraga dapat mengurangi kelenturan tulang dan persendian sehingga berbagai masalah kesehatan tulang akan siap menyapa. Untuk menghindari hal itu, ada baiknya jika Anda luangkan waktu untuk olahraga ringan setiap hari.

Memakai Sepatu hak tinggi

Kebiasaan memakai sepatu hak tinggi dapat memicu masalah pada tulang, karena beban pada kaki bertambah dalam menopang tubuh. Jadi semakin tinggi  sepatu, maka semakin bertambah bahayanya dalam merusak tulang lutut dan kerusakan struktur tulang lainnya.

Kelebihan garam

Kelebihan garam dapat membahayakan kesehatan tubuh dan juga tulang. Asupan garam berlebih bisa menyebabkan kalsium keluar melalui urin. Jika dibiarkan, maka akan mengancam kesehatan tulang Anda. Untuk itu, kontrol asupan garam ya…

Obesitas

Kelebihan berat badan atau obesitas tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan tapi juga dapat merusak tulang. Karena itu, pastikan Anda selalu mengontrol berat badan Anda agar kesehatan tulang tetap terjaga.

Me*okok

Me*okok sangat berbahaya bagi kesehatan organ tubuh, salah satunya tulang. Kebiasaan me*okok akan membuat tulang mengalami pengeroposan lebih cepat. Untuk itu, segera hindari kebiasaan me*okok dan pastikan asupan kalsium untuk menjaga kepadatan dan kesehatan tulang.

Membawa tas berat

Kebiasaan membawa tas berat dapat mempengaruhi struktur dan tingkat kepadatan tulang yang berakibat cedera ringan maupun berat. Jika tidak segera diatasi, maka masalah tulang akan menjadi masalah serius.

Membunyikan jari

Membunyikan jari seringkali menjadi kebiasaan yang menyenangkan. Namun ternyata, kebiasaan tersebut tidak boleh dilakukan berulang-ulang karena dapat mengakibatkan gangguan pada jaringa lunak di area persendian.

Posisi duduk yang tidak tepat

Ternyata ada beberapa posisi duduk yang dapat memicu kerusakan/pengeroposan tulang, diantaranya ; menyilangkan kaki, membungkukkan badan, dan lainnya.
Hem, ternyata banyak kebiasaan sehari-hari yang tanpa sadar dapat menyebabkan kerusakan tulang. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...