Sepuluh Sayuran Yang Lebih Baik Dikonsumsi Mentah dan Matang

Kebanyakan orang mengonsumsi sayuran berdasarkan selera saja, tanpa memperhatikan keutuhan nutrisinya. Padahal ada beberapa jenis sayuran yang sebaiknya dikonsumsi saat masih segar dan adapula yang harus dimasak. Semua itu dilakukan demi kesehatan tubuh dan juga agar nutrisi dalam sayuran tetap terjaga. Alangkah ruginya jika sayuran yang seharusnya kaya nutrisi jadi tidak optimal diserap tubuh hanya karena kesalahan kecil. (Sepuluh Makanan yang Membuat Anda Panjang Umur dan Sehat)
Beberapa sayuran memiliki kandungan nutrisi yang utuh ketika dimasak, namun sebagian lain justru rusak karena proses memasak. Nah, agar tidak salah langkah, yuk kenali enam sayuran yang lebih baik dimakan mentah atau dimasak berikut ini :

Tomat

Tomat bisa dikonsumsi saat mentah, namun agar kandungan likopen atau antioksidan dalam buah tomat lebih optimal, ada baiknya dimasak lebih dahulu. Hal itu dikarenakan proses memasak dapat membantu memecah dinding sel buah dan membuat nutrisi didalamnya lebih mudah dicerna saluran pencernaan.

Bayam

Bayam termasuk sayuran kaya kalsium, namun juga tinggi oksalat yang dapat menghambat kemampuan kalsium. Untuk mengurangi kadar oksalat, ada baiknya Anda memasak bayam sebelum dimakan. Proses memasak juga dapat meningkatkan kandungan lutein.

Bawang putih

Bawang putih sangat kaya akan nutrisi penting, salah satunya phytonutrisi allicin yang berkhasiat melindungi tubuh dari risiko penyakit jantung. Memasak dapat menonaktifkan enzim yang dibutuhkan untuk mengeluarkan allicin. Karena itu, Anda bisa mengonsumsinya bawang putih dalam kondisi mentah. Namun jika ingin memasak, lebih dahulu iris dan diamkan sebentar karena cara ini dapat membuat enzim bekerja sebelum proses memasak merusak semuanya.

Brokoli

Brokoli mengandung nutrisi penting sulforrafane yang ampuh bekerja sebagai antikanker dan myrosinase yang membersihkan hati dari zat pemicu kanker. Untuk mengoptimalkan kinerja sulforafane dan myrosinase, ada baiknya Anda mengonsumsi brokoli dalam kondisi mentah atau memasak brokoli dalam waktu sebentar. Proses memasak terlalu lama/panas dapat merusak nutrisi penting dalam brokoli.

Jagung

Jagung kaya akan antioksidan dan nutrisi penting lainnya. Kandungan tersebut akan meningkat dua kali lipat apabila dimasak agak lama sebelum dimakan.

Kubis

Kubis mengandung nutrisi penting yang berkhasiat melindungi tubuh dari sel kanker. Anda bisa mengonsumsi kubis dalam kondisi mentah atau dimasak sebentar. Untuk hasil perlindungan yang maksimal, Anda bisa memilih kubis ungu karena kandungan antioksidannya lebih tinggi.

Wortel

Wortel lebih baik dikonsumsi setelah dimasak, karena kandungan antioksidan, antikanker dan kandungan penting lainnya lebih tinggi dibandingkan dalam kondisi mentah.

Bit

Bit sebaiknya dikonsumsi dalam kondisi mentah, karena proses memasak dapat merusak kandungan gizinya.

Jamur

Memasak jamur tidak membuat kandungan nutrisinya rusak, karena itu silahkan Anda mengolah jamur sesuai selera.

Cabai merah

Cabai merah kaya vitamin C yang akan rusak karena proses memasak. Untuk itu, ada baiknya Anda mengonsumsi cabe dalam kondisi mentah.
Semoga dengan memahami Cara Cerdas Menikmati Sayuran Agar Nutrisinya Terjaga Dan Baik Untuk Kesehatan diatas, Anda bisa memperoleh nutrisi yang optimal dari sayuran.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...