Loading...

Rahasia Di Balik Bersin Yang Sering Diabaikan

Bersin merupakan upaya pertahanan tubuh dari segala kotoran maupun benda asing yang masuk melalui lubang hidung. Saat bersin, tubuh secara otomatis mengeluarkan partikel berbahaya melalui hidung dan mulut disertai keluarnya lender dan udara. Seseorang yang memiliki kemampuan bersin menunjukkan bahwa kondisi tubuhnya sehat. Meskipun sering dialami manusia, namun sayangnya tak banyak yang menyadari betapa pentingnya bersin dan mengapa kita wajib berdoa saat bersin? (Sering Begadang? Ini bahaya yang Siap Mengancam Tubuh Anda)
Ternyata Bersin disebut juga “kematian kecil” bagi manusia, karena pada saat manusia bersin, semua organ tubuh, baik pencernaan, pernafasan, saluran kencing, maupun jantung berhenti sesaat untuk kemudian kembali dengan kehidupan yang baru. Itulah satu alasan utama yang membuat Anda wajib bersyukur ketika mengalami bersin. Selain itu, ada banyak alasan lain yang membuat Anda wajib bersyukur ketika bersin. Apa sajakah itu? Simak rahasia di balik bersin yang sering diabaikan berikut ini :
Bersin/sahabathawa.com

Bersin menyembuhkan penyakit pernafasan

Bersin seringkali dihubungkan dengan penyakit pilek atau influenza. Padahal kenyataannya bukan hanya pilek dan influenza tapi juga merupakan gejala penyakit pernafasan, misalnya : selesma, rhinitis, dan lainnya. Nah, bersin dapat membantu mengatasi masalah penyakit pernafasan.

Bersin bermanfaat untuk kesehatan paru-paru

Ketika benda asing atau kotoran berbahaya masuk hidung, secara otomatis bulu-bulu hidung akan memberikan sinyal yang menakjubkan untuk mengeluarkannya melalui bersin. Cara tersebut tentunya dapat mencegah kotoran atau benda asing masuk melalui saluran pernafasan menuju paru-paru.

Kekuatan bersin sungguh luar biasa

Bersin memiliki kecepatan mencapai 100 km/jam. Apabila Anda mencoba menghentikannya untuk tidak keluar, maka dapat menyebabkan perdarahan pada leher atau kepala hingga kematian.

Bersin merupakan Cahaya Kehidupan

Para dokter klasik menyebut jika bersin merupakan sebuah cahaya kehidupan.  Ketika seseorang menderita penyakit berbahaya dan tidak memiliki kemampuan untuk bersin. Maka mereka menganggap jika bersinnya orang yang sakit tersebut merupakan kabar gembira berupa jauhnya dari bahaya.

Bersin dapat menyebarkan penyakit

Saat bersin, kita akan mengeluarkan udara semi otonom yang cukup keras melalui hidung dan mulut. Pada saat bersin, seseorang bisa saja menyebarkan penyakit melalui butir-butir air yang terinfeksi. Untuk itu, islam mengajarkan adab-adab bersin yang baik, yakni : merendahkan suaranya, menutup wajah dengan tangan atau kain, tidak menolehkan leher karena bisa membahayakan dirinya sendiri, dan membaca hamdalah.

Doa saat Bersin dan Mendengar orang bersin

Mengingat pentingnya bersin bagi tubuh kita, maka ketika mengalaminya, jangan pernah lupa membaca hamdalah, yakni : Alhamdulillah. Sedangkan bagi orang yang mendengar bersin, hendaknya kita bertsdyamith, dengan membaca doa berikut : Yarkhamukallah, yang artinya semoga ALLOH memberi rahmat kepada Anda.
Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...