Loading...

Sering bergadang? Ini Bahaya yang Siap Mengancam Tubuh Anda

Ingat lagu Begadangnya si Raja Dangdut Roma Irama?  Begadang bukanlah kebiasaan yang baik untuk kesehatan. Sayangnya, saat ini lebih banyak orang yang suka begadang, hal itu bisa kita lihat betapa ramainya tempat-tempat nongkrong anak muda, misalnya : warung kopi, tempat karaoke, taman, tempat hiburan, dan lainnya. Tahukah Anda, jika setelah beraktivitas seharian, tubuh kita sangat butuh istirahat. Nah tidur tepat waktu menjadi cara terbaik mengistirahatkan seluruh organ tubuh. Dengan begadang, sama saja Anda memforsir tubuh yang lelah untuk bekerja ekstra keras tanpa istirahat. (Makanan yang Berkhasiat Bunuh Sel Kanker)
Lalu apa yang terjadi ketika tubuh butuh istirahat, namun kita memaksanya untuk terus terjaga?  Agar lebih jelasnya, simak bahaya yang siap mengancam tubuh Anda berikut ini :

Menurunkan sisten imun tubuh

Begadang dapat berisiko merusak sel darah putih yang bermanfaat untuk memperkuat system imun tubuh, sehingga tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit.

Diabetes

Kebiasaan begadang menyebabkan terganggunya hormone dan produksi insulin dalam tubuh sehingga seseorang menjadi rentan terkena diabetes.

Obesitas

Begadang dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh. Selain itu, saat begadang, biasanya seseorang akan sering merasa lapar sehingga akan menjadikan cemilan sebagai teman terbaiknya. Oleh karena itu, tak heran jika lemak semakin menumpuk dan ancaman penyakit akibat obesitas siap mengancam Anda.

Insomnia

Memlihara kebiasaan begadang membuat tubuh Anda menjadi tidak peka dengan alarm tubuh yang seharusnya, misalnya : hilangnya rasa kantuk. Kondisi sulit tidur tersebut disebut dnegan insomnia.

Hipertensi

Begadang membuat tekanan darah dalam tubuh naik  dengan cepat yang diakibatkan karena stress. Untuk itu, usahakan menjaga pola tidur yang baik agar tubuh sehat.

Sakit kepala

Begadang membuat seseorang lebih rentan menderita sakit kepala. Hal itu, karena otak diforsir untuk bekerja seharian penuh tanpa istirahat. Agar otak dan tubuh lebih sehat, sebisa mungkin istirahatkan dengan waktu tidur yang tepat.

Jantung dan stroke

Jantung bekerja 24 jam tanpa istirahat. Dengan tidur yang cukup, maka sama artinya memberi kesempatan jantung untuk beristirahat. sebaliknya ketika Anda begadang, secara otomatis kinerja jantung jadi semakin berat sehingga risiko penyakit jantung dan stroke semakin meningkat.

Penyakit kanker

Begadang dapat mengurangi produksi hormone melatonin yang mengakibatkan radikal bebas penyebab kanker mudah berkembang dalam tubuh.
Nah, ternyata banyak sekali bahaya yang siap mengancam Anda apabila memelihara kebiasaan begadang. Semoga informasi diatas membuat Anda semakin memahami pentingnya istirahat cukup pada malam hari.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...