Sering Cegukan? Jangan-Jangan Anda Menderita 5 Penyakit Ini!

Pernahkah Anda mengalami cegukan? Cegukan termasuk hal yang sering dialami kebanyakan orang, namun sayangnya tak banyak yang mengetahui jika ternyata ada bahaya yang harus diwaspadai saat cegukan. Cegukan atau hiccup merupakan satu kondisi dimana terjadi ketegangan otot sehingga kita kesulitan mengambil nafas karena terhalang oleh pita suara sehingga berakibat pada munculnya suara aneh atau cegukan. Cegukan bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu singkat, namun perlu diwaspadai jika cegukan terjadi terus menerus  dalam waktu lama. 
cegukan/sekedarcatatan.net

Umumnya cegukan terjadi karena lambung terlalu penuh akibat banyak makan, makan terlalu cepat, stress, me*okok, al*ohol, perubahan temperature mendadak pada lambung, dan lain sebagainya. Meskipun kelihatannya sepele, namun Anda tidak boleh meremehkan cegukan, apalagi jika berlangsung terlalu lama, karena bisa jadi merupakan tanda bahwa Anda terserang penyakit berbahaya.  Namun tak perlu cemas juga, karena cegukan yang normal akan berhenti sendiri dalam waktu beberapa menit atau setelah diatasi dengan beberapa cara, antara lain : menahan nafas, minum air, minum madu, dan lain sebagainya.
Tapi bagaimana jika cegukan berlangsung lama hingga beberapa jam? Ada baiknya segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan Anda. Nah, agar lebih jelasnya, simak beberapa gangguan kesehatan yang ditandai dengan cegukan terlalu lama berikut ini :

Gangguan metabolism

Cegukan terlalu lama harus diwaspadai, karena bisa bisa jadi akibat gangguan metabolism pada tubuh Anda., misalnya : diabetes, hiperglikemia, hipoglikemia, dan lainnya.
Cara Alami Atasi Jerawat Batu dan Bekasnya)

Gangguan sistem saraf

Cegukan terlalu lama juga patut diwaspadai, karena bisa jadi terjadi akibat adanya gangguan system saraf pusat, misalnya : stroke, tumor, cedera berat pada otak, dan lain sebagainya.
Cara Kenali Makanan Berformalin dan Mengandung Pewarna Berbahaya)

Gangguan saraf vagus

Ketika mengalami cegukan yang terus menerus, Anda patut mewaspadainya karena bisa jadi terdapat masalah kesehatan pada diri Anda yang berhubungan dengan saraf vagus, diantaranya : gondok, meningitis, faringitis.
(Jangan buang biji Kurma, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan)

Gangguan pernapasan

Cegukan terlalu lama harus mendapatkan perawatan intensif, karena dikhawatirkan merupakan pertanda adanya gangguan pernafasan, seperti : pneumonia, asma, dan pleuritis.

Gangguan pencernaan

Cegukan yang terjadi dalam waktu lama dan tak kunjung sembuh haruslah diwaspadai, karena bisa jadi merupakan petunjuk adanya gangguan pencernaan, antara lain : radang usus, GERD, dan lain sebagainya.
Hem, ternyata cegukan terlalu lama tidak boleh diabaikan ya, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...