Loading...

7 Keutamaan Qurban dan Ancaman Bagi Yang Tidak Mau Berkurban

Hari Raya Qurban sudah tinggal menunggu hari, sudahkah Anda menyiapkan hewan qurban yang terbaik?  Salah satu amal salih yang paling utama setelah salat Idul Adha pada tanggal 10 hingga 13 dzulhijjah adalah menyembelih hewan qurban. Menyembelih hewan qurban bagi yang berkelapangan tidak hanya melaksanakan perintah Allah, tapi menjadikan Anda sebagai muslim yang dicintai Rasulullah Saw.  (Awas, Kebiasaan minum Ini Bahyaakan Kesehatanmu)
Qurban/www.teknoislam.com

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidak ada amal yang lebih utama pada hari-hari (tasyriq) ini selain berkurban.” Para sahabat berkata, “Tidak juga jihad?” Beliau menjawab: “Tidak juga jihad. Kecuali seseorang yang keluar dari rumahnya dengan mengorbankan diri dan hartanya (di jalan Allah), lalu dia tidak kembali lagi”  (HR Bukhari). (Awas, Ini 7 Perilaku yang Membuat Anda Jatuh Miskin)

Keutamaan Berqurban

Mungkin tidak banyak yang tahu, apa saja sich keutamaan dan manfaat menyembelih hewan qurban, untuk itu berikut ini beberapa diantaranya : (Ingin Terhindar dari Perut Buncit? Hindari Kebiasaan Ini)

1.    Mensyukuri nikmat Allah SWT

Qurban merupakan satu bentuk rasa syukur kita kepada nikmat Allah yang tak terhingga dan mungkin tak akan mampu untuk menghitungnya. (7 Bahan Rendaman Yang Membuat Daging Empuk dan Lebih Nikmat)

2.    Bentuk kepedulian terhadap sesama

Qurban termasuk moment yang menggembirakan bagi kaum dhuafa, karena pembagian daging kurban sangat bermanfaat bagi mereka yang tidak mampu dalam mencukupi kebutuhan pangan. (Jangan Buang Biji Kurma, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan)

3.    Mendapatkan kebaikan dari setiap helai bulu hewan qurban

Dan sabda beliau ketika di tanya apakah sembelihan ini, maka beliau menjawab, “Tuntunan ayah kalian Ibrahim.” Mereka bertanya, “Apa bagian kita darinya/apa pahala yang akan kita dapatkan?” Beliau menjawab, "Setiap helai rambut, akan dibalasi dengan satu kebaikan.” Lantas mereka bertanya, "Bagaimana dengan bulu (domba)?” Maka beliau menjawab, "Setiap bulu juga akan dibalas dengan satu kebaikan.” (HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi, beliau menghasankannya)

4.    Melaksanakan syiar agama islam

“Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah.” (QS. Al-Kautsar: 2)

5.    Melaksanakan ibadah yang disukai Allah

Di antaranya sabda Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam, “Tidak ada satu amalan yang dikerjakan anak Adam pada hari nahar (hari penyembelihan) yang lebih dicintai oleh Alah 'Azza wa Jalla daripada mengalirkan darah. Sungguh dia akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, kuku dan rambutnya. Sesunggunya darahnya akan sampai kepada Allah 'Azza wa Jalla sebelum jatuh ke tanah… ” (HR. Ibnu Majah dan al-Tirmidzi, beliau menghassankannya)

6.    Meneladani Keimanan Nabi Ibrahim

Pada zaman dulu, Allah memerintahkan kepada bapak para Nabi, Ibrahim 'alaihis salam untuk menyembelih anaknya, Ismail. Tanpa pikir panjang, Nabi Ibrahim menyambut perintah Allah SWT tadi tanpa ada keraguan. Karenanya Allah Ta’ala memberikan ganti dari langit sebagai tebusan bagi anaknya, “Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.” (QS. Al-Shafat: 107).

7.    Mendapatkan rezeki yang berlipat ganda

Qurban tidak membuat Anda menjadi miskin, justru sebaliknya membuat rejeki Anda semakin berlimpah. Bagi siapapun yang rela mengeluarkan hartanya untuk membeli hewan qurban, yakinlah bahwa Allah akan segera memberikan ganti yang lebih besar atas qurban yang sudah kalian keluarkan. Karena setiap pagi Allah mengutus dua malaikat. Malaikat yang pertama berdoa: “Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak,” sedangkan malaikat yang kedua berdoa: “Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi orang pelit yang menahan hartanya” (HR Bukhari & Muslim).

Hukum Berkurban bagi Yang Mampu

Mungkin masih banyak yang belum tahu hukum dari berkurban. Para ulama memiliki pendapat yang berbeda tentang hokum berkurban bagi yang mampu, diantaranya wajib dan sunnah muakkadah. Namun mayoritas ulama berpendapat jika hukum kurban adalah sunnah muakkadah atau sunnah yang dianjurkan.

Ancaman bagi orang kaya namun tidak mau Berkurban

Meskipun harga hewan kurban tidak lebih mahal dari kendaraan bermotor, mobil atau perabotan mahal lainnya, namun ada sebagian orang kaya yang menangguhkannya atau menolak berkurban. Mungkin mereka tidak tahu, bahwa sikap tersebut termasuk hal yang tidak disukai (makruh). Bahkan Rasulullah memperingatkan dengan keras dalam haditsnya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Barangsiapa yang berkelapangan (harta) namun tidak mau berqurban maka jangan sekali-kali mendekati tempat shalat kami” (HR Ibnu Majah & Al-Hakim, dihasankan oleh Syaikh Albani).
Sudahkah Anda menyiapkan hewan Qurban? Semoga kita dan keluarga menjadi orang yang diberi kemampuan dan kemauan untuk melaksanakan qurban. Dan semoga sedikit informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...