9 Efek Negatif Stres Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Hampir semua orang memiliki masalah, meski begitu jangan biarkan masalah tersebut berlarut-larut hingga memicu stress.  Stres sendiri merupakan satu kondisi dimana seseorang merasa tertekan akibat masalah yang dihadapinya. Ada banyak masalah yang membuat seseorang merasa tertekan, diantaranya : pelajaran sekolah/kuliah, masalah rumah tangga, keuangan, pekerjaan, dan lain sebagainya. Stress harus segera diatasi dengan baik, karena dampaknya tidak hanya merusak kesehatan, tapi juga kecantikan kulit.
Tahukah Anda bahwa pada saat seseorang mengalami stress, secara otomatis tubuh akan memproduksi hormone stress yang, diantaranya : hormone adrenalin dan kortisol. Kedua hormon stress tersebut apabila dibiarkan terus meneruk masuk ke dalam aliran darah, maka dapat menimbulkan efek negative yang merusak tubuh dan kulit. Hem agar lebih jelasnya simak 9 Efek Negatif Stres Bagi Kesehatan dan Kecantikan berikut ini : (Suka Marah-Marah? Kendalikan dengan Makanan Ini)
Stress/caramengatasistress.com

1.    Meningkatkan risiko diabetes

Produksi hormon kortisol secara berlebihan dan berkepanjangan dalam tubuh bisa memicu peningkatan kadar gula darah dan insulin.  (Cara Sederhana Agar Kulit Wajah Kenyal dan Segar)

2.    Meningkatkan risiko Osteoporosis

Hormon kortisol yang terlalu banyak dalam tubuh berisiko mengurangi kalsium, magnesium dan potasium dalam tulang. Kondisi tersebut jika dibiarkan dapat memicu osteoporosis/ kerapuhan tulang. (Kolesterol Menyerang Kaki? Ini Tanda dan Gejalanya)

3.    Meningkatkan risiko tekanan darah tinggi

Peningkatan kadar hormone adrenalin dalam darah dapat memicu peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Cara Masak ayam Agar Lebih Sehat dan Aman)

4.    Meningkatkan trigliserida dan kolesterol

Kadar adrenalin tinggi dalam tubuh bisa memicu peningkatan trigliserida dan kolesterol dalam darah dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. (Rahasia Langsingkan Tubuh dengan Kurma)

5.    Masalah kekebalan tubuh

Peningkatan kadar kortisol terus menerus dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan fungsi kekebalan tubuh.

6.    Elastisitas kulit menurun

Stress membuat peredaran darah pada kulit terganggu. Bayangkan saja, kulit sehat harus mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen yang cukup. Nah, gangguan peredaran darah akibat stress menghambat aliran nutrisi dan oksigen ke kulit. Hal itu bisa mengakibatkan beberapa masalah kulit, diantaranya : elastisitas kulit berkurang, keriput, dan kasar.

7.    Memicu kulit kering dan kusam

Efek buruk lain stress terhadap kulit adalah kulit menjadi kering. Hal ini terjadi akibat hormon kortisol yang dilepaskan saat stress membuat kulit tidak mampu lagi menahan cairan sehingga kelembapannya berkurang dan kulit menjadi kering dan kusam.

8.    Kulit berjerawat

Ketika seseorang mengalami stress, secara otomatis kelenjar minyak akan lebih aktif. Dalam kondisi tersebut bakteri dan kotoran akan mudah menempel dan menyumbat pori-pori yang menyebabkan timbulnya jerawat.

9.    Mengganggu regenerasi  sel kulit

Saat stress, otomatis pola tidur seseorang akan terganggu. Padahal seperti yang kita tahu,  tidur sangat penting dalam proses regenerasi sel-sel kulit. Jika tidur terganggu, otomatis proses regenerasi kulit akan ikut terganggu.
Kelola stress dengan baik dapat menghindarkan Anda dari masalah yang mengancam kesehatan dan kecantikan Anda. Semoga artikel yang berjudul 9 Efek Negatif Stres Bagi Kesehatan dan Kecantikan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...