Loading...

Suka Mendengkur? Ini Bahayanya Bagi Kesehatan

Anda suka mendengkur saat tidur atau Anda memiliki anggota keluarga yang suka mendengkur? Mendengkur seringkali diartikan bahwa seseorang tengah tidur dengan nyenyak, padahal mendengkur termasuk satu gangguan tidur yang tidak boleh diabaikan karena dapat membahayakan kesehatan. Mendengkur dalam bahasa Jawa disebut “Ngorok” yang artinya keluarnya bunyi atau suara saat tidur akibat gangguan pada saluran udara yang lewat hidung atau mulut bagian belakang. Ada banyak factor yang menyebabkan seseorang mendengkur, diantaranya : posisi tidur terlentang, gangguan tenggorokan (misal : amandel), gangguan hidung (missal : flu, pilek, polip, dll), obesitas, lanjut usia, per0k0k, kelelahan, konsumsi obat tertentu, dan lain sebagainya.
 
Mendengkur (americanpillo.com)
Apapun penyebabnya, kebiasaan mendengkur harus segera diatasi karena tidak hanya mengganggu orang lain juga dapat membahayakan kesehatan diri sendiri. Agar lebih jelasnya, simak bahaya mendengkur bagi kesehatan berikut ini :

Hipertensi

Banyak penelitian menyebutkan jika mendengkur atau sleep apnea merupakan salah satu pemicu hipertensi atau tekanan darah tinggi. Semakin besar gangguan yang dialami, semakin besar risiko terkena hipertensi. (Penyebab Telapak Kaki Sakit yang Harus Anda Tahu)

Stroke

Mendengkur memicu pengentalan darah yang akhirnya menyebabkan aliran darah kurang lancar dan jika terus menerus diabaikan dapat meningkatkan risiko penyakit stroke. (Tips Menyimpan Telur agar Awet dan Nutrisinya Terjaga)

Penyakit jantung

Seorang yang suka mendengkur memiliki risiko penyakit jantung. Hal itu terjadi akibat penurunan jumlah oksigen dalam darah saat tidur sehingga menyebabkan tekanan darah naik dan membuat kinerja jantung semakin berat sehingga risiko gangguan jantung akan meningkat. (Penyebab Luka DIabetes Membusuk hingga Diamputasi)

Depresi

Mendengkur atau ngorok membuat seseorang terbangun di malam hari akibat kesulitan bernafas. Jika dibiarkan, gangguan tidur tersebut dapat memicu depresi. (MAnfaat dan Bahaya Belimbing untuk Kesehatan)

Diabetes

Sleep apnea dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, karena gangguan metabolism dalam tubuh menyebabkan tubuh tidak mampu mentoleransi glukosa dan menyebabkan resisten terhadap insulin.

Disfungsi *r*ksi

Laki-laki manakah yang ingin mengalami hal yang menakutkan tersebut? Untuk itu, segera atasi dengan serius agar kebiasaan mendengkur Anda tidak sampai mengancam kesehatan Anda.
Hem, ternyata banyak sekali bahaya yang siap mengancam akibat kebiasaan mendengkur saat tidur. Jika demikian, jangan sepelekan kebiasaan mendengkur, segera atasi dengan baik, diantaranya dengan menurunkan berat badan, posisi tidur yang benar, dan lain sebagainya. Semoga informasi yang berjudul Suka Mendengkur? Ini Bahayanya Bagi Kesehatan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...