Loading...

6 Jenis Minyak Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes

Bagi Penderita diabetes, selektif memilih makanan merupakan hal yang wajib dilakukan, karena salah  memilih bahan makanan akan berisiko ,emgalami lonjakan kadar gula darah secara drastis. Selain memperhatikan kadar gula dan karbohidrat dalam makanan, penderita diabetes juga wajib memperhatikan kandungan minyak dalam makanan. Kenapa demikian? Karena dalam minyak terdapat kandungan tiga asam lemak, diantaranya : asam lemak jenuh tunggal, asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh ganda. Jangan sampai salah memilih minyak, karena dapat menyebabkan lemak menunmpuk dan mengendap ditubuh sehingga membuat metabolisme gula menjadi lebih lambat.

6 Jenis Minyak Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes
6 Jenis Minyak Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes

Untuk menghindari hal itu, sudah selayaknya penderita diabetes memilih minyak yang mengandung lemak baik dan aman. Hem kira-kira apa sajakah jenis minyak yang aman dan baik untuk penderita diabetes? Simak 6 Jenis Minyak Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes berikut ini :

Minyak zaitun

Minyak zaitun termasuk satu jenis minyak sehat yang kaya akan kandungan asam oleat, asam palmeat, flavonoida, antioksidan, karoten,oleuropein, vitamin E, dan polifenol. Kandungan nutrisi yang kaya tersebut membuaat minyak zaitun bagus untuk menurunkan kadar kolesterol buruk dan meningkatkan kadar kolesterol baik serta bagus untuk menjaga kadar glukosa dalam darah. Meski begitu, usahakan tidak memasaknya dalam suhu tinggi agar kandungan nutrisinya tidak rusak.

Minyak kanola

Minyak kanola mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi dan rendah lemak jenuh  yang bermanfaat mengurangi kadar glukosa dalam darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Dari berbagai manfaatnya tersebut, minyak kanola sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Minyak kelapa

Minyak Kelapa mengandung asam lemak jenuh sehingga termasuk minyak yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Kandungan nutrisi dalam minyak kelapa bermanfaat memperbaiki sistem kinerja pankreas dan insulin dalam tubuh penderita diabetes, menstabilkan kadar glukosa darah dan menjaga berat badan sehingga bagus untuk penderita diabetes.

Minyak kacang kenari

Sebagaimana minyak kelapa, minyak kenari juga mengandung asam lemak omega 3, asam lemak  tak jenuh ganda, dan berbagai vitamin yang bagus untuk kesehatan penderita diabetes.

Minyak olahan

Minyak olahan termasuk minyak yang bagus untuk penderita diabetes, karena diproses melalui tahap penyulingan yang lebih sempurna.

Minyak flaxseed

Minyak flaxseed termasuk minyak yang bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi didalamnya.

Penderita diabetes harus menjaga agar kandungaan guladarahnya selalu stabil. Untuk itu, pastikan memilih beberapa jenis minyak diatas dalam mengolah makanan. Semoga informasi yang berjudul 6 Jenis Minyak Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes diatas dapat bermaanfaat bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...