Loading...

Awas! Kurang Minum Air Putih Dapat Sebabkan Stroke dan Gagal Ginjal

Air putih termasuk satu kebutuhan paling penting yang wajib dipenuhi setiap harinya. Karena kekurangan air putih dapat menyebabkan berbagai gangguan fungsi tubuh, baik yang ringan hingga fatal, seperti kematian. Namun sayangnya masih banyak orang yang menyepelekan kewajiban minum air putih, sehingga mereka harus rela menanggung biaya pengobatan mahal atas penyakit yang dideritanya. Hem, mungkin sebagian dari Anda belum tahu, penyakit apakah yang siap mengancam akibat kuraang minum air putih?
Ternyata kurang minum air putih dalam jangka waktu lama bisa berakibat fatal, karena hampir 80% tubuh manusia terdiri dari air. Bahkan ada beberapa bagian tubuh yang memiliki kadar air lebih dari 80%, yakni : darah dan otak. Darah mengandung komponen air sebanyak 95%, sementara itu Otak memiliki komponen air sebanyak 90. Bisa dibayangkan apa yang terjadi jika tubuh kekurangan cairan? Kekurangan cairan secara berlebihan dapat mengganggu fungsi penting dari tubuh, misalnya : air seni dan keringat berkurang, suhu tubuh meningkat akibat terganggunya mekanisme mendinginkan tubuh, gangguan BAB dan yang paling fatal adalah darah menjadi lebih pekat dan kental. Apa yang terjadi jika darah mengental? Agar lebih jelasnya, simak terus penjelasan dalam artikel Awas! Kurang Minum Air Putih Dapat Sebabkan Stroke dan Gagal Ginjal ini. (Waspadai 7 Penyakit Akibat Berpakaian Ketat)

Bahaya yang ditimbulkan akibat Darah Mengental

1.    Gagal Ginjal

Darah yang kental membuat ginjal harus bekerja ekstra keras dalam menyaring darah. Jika tidak segera diatasi, maka glomerulus ginjal bisa menjadi robek sehingga air seni akan berwarna kemerahan akibat tercampur darah. Jika kondisi ini terjadi terus menerus, maka risiko gagal ginjal tidak bisa dihindarkan dan wajib cuci darah seumur hidup. (Atasi Angin Duduk dengan 5 Cara Ini Sebelum Terlambat)

2.    Stroke

Ketika darah kental melewati otak, otomatis perjalanannya akan tersendat. Padahal seperti yang kita tahu, sel-sel otak sangat membutuhkan oksigen dan  nutrisi penting yang dibawa oleh darah. Apabila kebutuhannya tidak terpenuhi, maka dapat menyebabkan pusing kepala, daya ingat menurun hingga STROKE. (Awas! 8 Makanan Ini Sebabkan Tubuh Jadi Melar)

3.    Serangan jantung

Darah yang terlalu kental secara otomatis akan mempengaruhi sel-sel dalam darah. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Journal of American Medical Association, jika pria memiliki nilai presentase sel-sel darah (hematocrit) lebih besar dari 50%, maka maka akan berisiko mengalami serangan jantung 2 kali lebih besar. Sementara jika terjadi pada wanita, maka akan terjadi 4 kali lebih besar.  (12 Buah dan Sayur Penurun Kolesterol)

4.    Badan Pegal-Pegal

Apabila darah pada tubuh mengental, secara otomatis peredarannya akan menjadi kurang lancar. Peredaran tubuh yang tidak lancar dapat menimbulkan beberapa gejala, antara lain : lemah, lesu, kesemutan, dan pegal-pegal.

5.    Infeksi Saluran Kemih

Kurang minum dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Hal ini terjadi akibat bakteri yang tidak bisa keluar dengan lancar. Gejala yang dirasakan, antara lain : nyeri saat buang air kecil, sensasi ingin buang air kecil yang tidak bisa ditahan,  dan air kencing keluar bersama darah atau nanah.
Ternyata pengaruh minum air putih terhadap tubuh sangatlah luar biasa, oleh karena itu pastikan penuhi kebutuhan minum air putih agar tidak terjadi pengentalan darah dan risiko penyakit dapat dikurangi.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...