3 Alasan yang Membuat Lele Berbahaya Bagi Kesehatan

Siapa sich yang tidak suka menikmati kelezatan ikan lele? Ikan yang berkumis panjang ini termasuk satu jenis ikan air tawar yang cukup familiar di kalangan masyarakat, sehingga tak heran jika banyak warung maupun rumah makan yang menyediakan menu dari bahan ikan lele. Banyak alasan yang membuat beberapa orang menyukai lele, diantaranya : rasanya gurih, teksturnya lembut, harganya lumayan ramah di kantong dan pastinya kandungan nutrisinya yang tinggi. Namun dibalik keistimewaan tersebut, ternyata ada beberapa alasan yang membuat Lele berbahaya bagi kesehatan.
Hem, mungkin Anda heran, bagaimana mungkin Ikan Lele yang memiliki rasa sangat gurih, justru dapat membahayakan kesehatan? Daripada penasaran, mending simak 3 Alasan yang Membuat Lele Berbahaya Bagi Kesehatan berikut ini :

1.    Lele Suka mengonsumsi Kotoran Manusia

Bukan rahasia umum, kalau ikan lele termasuk ikan yang sangat jorok, karena suka mengonsumsi kotoran manusia. Padahal, manusia banyak yang terkena cacing. Nah, lele yang mengonsumsi cacing dalam bentuk telur cacing atau kista atau amoeba tersebut tidak akan hancur meskipun sudah dimasak. Akibatnya, telur cacing tersebut bisa mengendap di hati dan menyebabkan penyakit Amoebiasis hati.

2.    Lele mengonsumsi kotoran dan limbah hewan ternak

Memelihara lele bisa dibilang sangat mudah dan cepat. Bahkan sebagian peternak lele tidak perlu membeli pakan ikan yang mahal, cukup menempatkan kolam lele dibawah kandang ayam atau kandang burung. Hem, bisa dibayangkan betapa berbahayanya ikan lele yang mengonsumsi kotoran hewan ternak yang sudah terkontaminasi bakteri atau zat kimia yang dikonsumsi hewan ternak tersebut.

3.    Lele Memakan bangkai binatang

Lele termasuk binatang yang sangat rakus, karena dia bisa melahap habis bangkai binatang yang entah disengaja atau tidak dimasukkan ke kolam. Berdasarkan cerita yang pernah didengar penulis, ada beberapa bangkai binatang yang seringkali dilempar ke kolam lele dan menjadi santapan empuk bagi ikan lele, diantaranya : bangkai tikus, bangkai ular, bangkai ayam, dan masih banyak yang lainnya. Hem, bayangkan betapa banyak bakteri yang ikut tertelan oleh ikan lele. Lalu bagaimana jika daging ikan lele dikonsumsi oleh manusia? Hem…

Lele juga bermanfaat bagi kesehatan, Asal….

Sebenarnya Lele mengandung banyak nutrisi, salah satunya : omega 3 dan asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Lele bisa menjadi makanan yang sangat baik dan menyehatkan, ASALKAN dipelihara dengan cara yang bersih dan baik, yakni : di lokasi yang bersih dan pakan yang baik juga. Semoga informasi yang berjudul 3 Alasan yang Membuat Lele Berbahaya Bagi Kesehatan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...