Loading...

Tips dan Cara Mengatasi Sifat Boros dan Suka Belanja

Cinta Putih Zahraa - Belanja merupakan salah satu hobi yang menyenangkan bagi wanita. Tidak mengapa hobi belanja, asalkan yang dibeli adalah barang-barang yang memang dibutuhkan. Namun sayangnya, ada sebagian wanita yang suka sekali berlebihan dalam belanja alias suka kalap belanja sehingga cap “ boros” melekat padanya. Sayang sekali jika karena  ketidakmampuan Anda dalam mengontrol pengeluaran, lantas Anda harus kerepotan sendiri karena uang belanja sudah habis sebelum waktunya. Padahal sebagai isteri, Anda harusnya bisa menjaga kepercayaan suami dalam mengelola hartanya. Jangan sampai kepercayaan suami luntur hanya karena melihat Anda yang terlalu boros dan tidak bisa mengelola penghasilannya.   Tips dan Cara Menghadapi Suami yang Cuek dan Dingin Pada Isteri
wanita suka belanja
 Tidak mau itu terjadi pada diri Anda bukan? Untuk itu, segera instrospeksi dan perbaiki diri Anda agar semuanya bisa semakin membaik. Untuk lebih mudahnya, simak tips dan cara mengatasi sifat boros dan suka belanja, berikut ini :  Wanita, Ini Alasan Mengapa Harus Menggunakan Celak Mata Sebelum Tidur

•    Menulis daftar barang yang wajib dibeli

Agar tak kalap saat belanja, Anda bisa menulis daftar barang yang akan dibeli. Fokuslah pada apa yang Anda butuhkan, bukan karena keinginan sesaat, memburu diskonan, dan lainnya.

•    Kelompokkan biaya/pengeluaran selama sebulan

Ketika uang ditangan, pastilah siapapun tergoda untuk membelanjakannya. Untuk itu, ada baiknya mengeposkan sendiri-sendiri biaya/pengeluaran bulanan, misalnya : untuk biaya listrik, biaya internet, uang belanja, uang jajan anak, investasi, dan lainnya. Jangan lupa sisihkan juga uang untuk keperluan Anda selama sebulan. Enak banget khan, jadinya Anda lebih disiplin.

•    Minta Bantuan orang terdekat

    Ingin berubah, tapi masih sering tergoda? Tenang saja, Anda bisa meminta bantuan orang terdekat (missal : suami, ortu, sahabat dan lainnya) untuk menjadi penasehat atau membantu mengingatkan Anda.

•    Lihatlah ke bawah

Melihat ke atas memang baik untuk memotivasi kita agar bisa maju, tapi bisa juga membuat kita terobsesi mengikuti gaya hidup orang-orang kaya tersebut. Untuk itu, sebagai pengendali sifat boros Anda, banyak-banyaklah melihat kebawah agar Anda merasa beruntung.

•    Sadari kalau biaya hidup akan terus bertambah

Biaya hidup takkan pernah bisa berkurang, tapi justru kian bertambah. Terlebih lagi jika sudah ada anak, anak waktunya sekolah, keluarga sakit atau yang lainnya.

•    Cari penghasilan tambahan

Jika ada waktu luang, Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan tambahan penghasilan dari rumah. Perjuangan selama mencari uang membuat Anda lebih bisa menghargainya, dan yang pasti bisa membantu ringankan beban suami.

•    Tetapkan hukuman

Menghukum diri sendiri karena boros bisa membantu Anda untuk lebih komitmen pada tujuan.

•    Belajar investasi

Daripada menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak perlu, kenapa tidak coba berinvestasi saja. Anda bisa investasi apa saja, dari mulai emas, dan barang berharga lainnya.
Yang namanya keinginan itu tetap tidak akan ada habisnya, karena memang manusia diliputi nafsu dan keinginan yang tidak pernah puas terhadap sesuatu. Selalu ingin dan ingin, baru akan berhenti ketika sudah berkalang tanah. Oleh karena itu, kendalikan diri dan jangan pelihara sifat berlebihan dan mubadzir.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...