5 Alasan Sehat Makan Menggunakan Tiga Jari Ala Rasulullah

Cinta Putih Zahraa - Apa yang terlintas dalam benak Anda ketika melihat seseorang makan menggunakan jari-jarinya? Jorok, primitif, atau tidak beretika? Jika Anda berpikir demikian, sepertinya Anda harus mempelajari pola makan ala Rasulullah Shalallahu Alaihi wasallam. Salah satu kebiasaan yang dilakukan Rasulullah saat makan adalah menggunakan ketiga jari, yakni : jari tengah, jari telunjuk dan jari jempol. Hal ini tidak hanya menunjukkaan tidak rakus dan ketawadhuán, akan tetapi juga mengandung manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Mungkin tak banyak yang tahu, apa saja sich manfaat sehat yang bisa diperoleh dari mencontoh kebiasaan makan Rasulullah tersebut? Agar lebih jelasnya, simak 5 Alasan Sehat Makan Menggunakan Tiga Jari Ala Rasulullah, berikut ini :

Mencegah Diabetes Tipe 2

Dibandingkan makan menggunakan sendok dan garpu, makan menggunakan tiga jari sesuai dengan tuntunan Rasulullah tentu jauh lebih sehat, karena dapat mencegah Anda dari penyakit diabetes tipe 2. Hal itu karena, makan dengan jari membuat Anda bisa menikmati makanan lebih lambat dibandingkan menggunakan alat makan, seperti : sendok dan garpu. Sementara itu, makan terlalu cepat justru dapat meningkatkan risiko terkena diabetes Tipe 2. Nah loh, mau pilih yang mana nih?

Sistem pencernaan bisa bekerja lebih optimal

Makan menggunakan ketiga jari sangat bermanfaat untuk menjaga kinerja sistem pencernaan Anda. Hal ini karena terdapat enzim RNAse  dalam tiga jari tangan kita yang memiliki kemampuan dalam mengikat bakteri sehingga aktifitas bakteri dalam tubuh bisa dihambat. Kondisi tersebut sangat bermanfaat melindungi kesehatan mulut, tenggorokan, usus dan juga sistem pencernaan.
Selain itu, makan menggunakan tiga jari juga bermanfaat membantu mengirim sinyal ke otak tentang makanan yang akan Anda konsumsi, misalnya : tekstur, rasa dan juga suhu sehingga sistem pencernaan akan lebih siap dalam mencerna makanan tersebut.

Merangsang enzim pencernaan

Setelah makan, Rasulullah memiliki kebiasaan menjilati jari setelah makan. Sebagaimana dalam hadits yang artinya :
Dari Ka’ab bin Malik dari ayahnya ia mengatakan, “Rasulullah ﷺ itu makan dengan menggunakan tiga jari dan menjilati jari-jari tersebut sebelum dibersihkan.” (HR. Muslim No. 2032 dan lainnya)
Hal itu sangat bermanfaat untuk organ pencernaan, karena mampu merangsang air liur sebagaimana efek menghisap. Jadi air liur keluar banyak, enzim keluar banyak dan sistem pencernaan menjadi sempurna.

Mencegah Kegemukan

Makan menggunakan tiga jari membantu Anda mengendalikan berat badan yang ideal, karena membuat Anda tidak makan terlalu banyak. Bayangkan saja, makannya saja sudah menggunakan tiga jari yang membuat Anda tidak berlebihan dalam mengambil makanan, ditambah lagi proses  mengunyah yang sempurna, sudah pasti akan sulit membuat Anda gemuk. Agar lebih sempurna, pastikan Anda focus makan saja dan tidak sambil melakukan aktivitas lainnya, salah satunya : nonton TV.

Menghindari Penyakit hati

Setelah makan dengan tiga jari, Anda juga harus mengikuti kebiasaan sehat Rasulullah lainnya, yakni tidak langsung tidur setelah makan, karena dapat menyebabkan hati keras. Hati keras disini bisa dipersepsikan beragam, salah satunya bisa menyebabkan kerusakan hati, misalnya : sirosis hati akibat proses fermentasi di usus yang terlalu lama. Seperti yang kita tahu bahwa tidur setelah makan membuat gerak usus melambat, sehingga kuman-kuman dapat mencerna makanan dalam waktu lama sehingga menghasilkan senyawa yang merusak hati.
Setelah memahami beragam manfaat dari kebiasaan makan menggunakan tiga jari ala Rasulullah diatas, masihkah Anda berpikir bahwa cara tersebut adalah jorok? Semoga informasi yang berjudul 5 Alasan Sehat Makan Menggunakan Tiga Jari Ala Rasulullah diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya
Masya Allah, Shalat Tahajud Bisa Sembuhkan Lima Penyakit Ini
Hindari 10 Sifat Manusia yang Menjadi Pintu Masuknya Setan dan Iblis
Bolehkah Istri Menolak Tinggal Di Rumah Mertua?
Awas! Ini 5 Penyakit Akibat Kipas Angin dan AC
6 Jenis Buah Surga yang Ada di Dunia dan Khasiatnya
Enam Ciri-Ciri Feses yang Tunjukkan Adanya Penyakit Serius

Loading...
Previous
Next Post »
loading...