Bintil Kecil Di Kulit (Skin Tag), Bahayakah?

CintaPutihZahra - Siapa sich yang tidak sebal ketika kulit yang awalnya mulus, tiba-tiba muncul bintil kecil? Bintil kecil yang mirip  daging tumbuh ini biasa disebut kulit berlebih (skin tag). Bintil kecil (skin tag) bisa muncul di beberapa bagian tubuh, dari mulai leher, ketiak, selangkangan, punggung, kelopak mata, dan beberapa lipatan tubuh lainnya. Skin tag bisa menimpa siapa  saja, baik laki-laki, perempuan, orang dengan berat badan berlebih, orang tua, wanita hamil, dan lainnya. Meski tidak berbahaya, namun keberadaan skin tag seringkali menghilangkan rasa percaya diri, apalagi jika mereka muncul di kelopak mata, leher dan bagian tubuh yang terbuka lainnya.

Bintil Kecil Di Kulit (Skin Tag)

Ukuran skin tag

Skin tag memiliki ukuran yang beragam, dari mulai 1 cm, hingga sebesar biji kacang. Keberadaan skin tag bisa sendiri, namun bisa juga bergerombol. Meski begitu, Anda tidak perlu cemas, karena skin tag tidak menimbulkan bahaya.

Penyebab munculnya skin tag

Munckin tak banyak yang tahu, apa sich penyebab munculnya skin tag? Ada banyak penyebab munculnya skin tag, dari mulai gesekan antar kulit, kegemukan, perubahan hormone kehamilan, diabetes, dan factor usia.

Menghilangkan skin tag

Menghilangkan skin tag bisa dilakukan dengan banyak cara, baik medis maupun alami. Secara medis bisa dilakukan melalui upaya pembedahan, laser, pembekuan, dan lainnya.  Untuk cara alami, ada beberapa bahan alami yang terbukti ampuh membantu hilangkan bintil akibat skin tag.

Skin tag tidak menular 

Skin tag bukanlah satu hal yang ditakutkan, karena tidak menular. Meski sudah dihilangkan, bukan berarti skin tag tidak bisa tumbuh lagi. 

Bahan alami untuk menghilangkan skin tag

Kebanyakan orang menganggap skin tag sebagai kutil, sehingga mereka mengobatinya dengan obat kutil. Padahal skin tag berbeda dengan kutil, sehingga tidak cocok jika diobati dengan cara yang sama. Namun jika keberadaan skin tag mengganggu kenyamanan dan penampilan, sebaiknya hilangkan dengan bahan alami ini :

Es batu

Mengompres skin tag dengan es batu untuk mengurangi rasa sakit. Kemudian Anda bisa menggunakan alat pencabut bulu yang steril untuk menjepit dan menarik skin tag. Tapi ini untuk skin tag yang ukurannya masih kecil saja ya!

Bawang putih

Bawang putih mengandung anti bakteri yang ampuh menghilangkan skin tag. Caranya memotong bawang putih, tempelkan pada skin tag dan tutup dengan plester selama semalam. Efek panas yang ada dalam bawang putih  akan menghentikan pertumbuhan skin tag.

Cuka apel

Cuka apel sangat bermanfaat buat kecantikan kulit. Selain menghaluskan kulit, cuka apel sangat ampuh menghentikan pertumbuhan skin tag. Caranya cukup oleskan secara merata pada  skin tag seraya  lakukan pijatan lembut. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Lemon

Kandungan asam sitrat dan antiseptic dalam lemon sangat ampuh membantu menghentikan pertumbuhan skin tag dengan cara menguraikan sel-sel. Selain itu, kandungan dalam lemon juga ampuh menghaluskan dan mencerahkan kulit.

Kulit pisang

Kulit pisang mengandung nutrisi penting yang bermanfaat menghaluskan kulit. Tidak hanya itu saja, karena ternyata kulit pisang juga ampuh hilangkan skin tag dengan cara melunakkan kulit. Caranya : tempelkan kulit pisang dan tutup menggunakan plester selama semalam. Lakukan secara  rutin, maka skin tag akan mati dengan sendirinya.
Meski tidak berbahaya, namun kita harus tetap hati-hati jika ingin menghilangkan skin tag, karena cara yang salah justru berpotensi sebabkan infeksi hingga kerusakan kulit yang serius. Semoga bermanfaat!


Loading...
Previous
Next Post »
loading...