Sepuluh Kesalahan Kaum Wanita Dalam Aqidah yang Sering Diabaikan

Posisi wanita dalam islam sungguh sangat mulia, bahkan Allah sendiri akan membebaskan wanita untuk memasuki surga melalui pintu mana saja. Syarat untuk bisa masuk surga melalui pintu mana saja juga tidak sulit, yakni : cukup jaga shalat lima waktu, jaga kemaluan, puasa di bulan ramadhan dan taat  kepada suaminya. 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
 “Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita tersebut, “Masuklah ke surga melalui pintu manapun yang engkau suka.” (HR. Ahmad; shahih)
Meski tidak terlalu berat, namun sayangnya tidak semua wanita mau dan mampu mematuhinya. Bahkan ada beberapa wanita yang secara sadar atau tidak justru melakukan banyak kesalahan yang jelas-jelas melanggar aturan Allah dan juga RasulNya. Kira-kira apa sajakah kesalahan tersebut? Agar kita terhindar darinya, mending simak langsung Sepuluh Kesalahan Kaum Wanita Dalam Aqidah yang Sering Diabaikan, berikut ini:

1. Mengikuti Gaya Orang Kafir

Rasulullah sudah memberikan teladan pada umatnya dalam hal apapun, karenanya sudah seharusnya kita mencontoh Rasulullah dalam hal apapun. Tapi bagaimana jika kita mencontoh atau menyerupai selain Rasulullah?
Dari Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka.” (HR. Ahmad 2: 50 dan Abu Daud no. 4031)

2. Mempercayai ramalan

Meminta diramal tentang karier, kesehatan, jodoh atau yang lainnya termasuk satu kesalahan yang tanpa disadari sering dilakukan oleh para wanita. Padahal, perbuatan tersebut wajib dihindari oleh umat islam.
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang mendatangi peramal lalu bertanya kepadanya tentang suatu hal (maka) tidak akan diterima shalatnya selama empat puluh hari.” (Diriwayatkan oleh Ahlus Sunan).
Bahkan barangsiapa yang mempercayai perkataan peramal, maka ia telah kafir, sebagaimana dalam sabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam: “Barangsiapa yang mendatangi peramal lalu dia mempercayai perkataannya maka dia telah kafir terhadap apa yang telah diturunkan kepada Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam.” (HR. Muslim)

3. Tidak mau belajar agama

Menuntut ilmu itu wajib hukumnya bagi umat islam, termasuk wanita. Karena itu, jika wanita malas mempelajari agama, maka sama saja dia sudah melakukan kesalahan besar.
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam: “Menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap orang Islam.” (HR. Ibnu Majah dan dishahihkan oleh Al-Albani)

4. Mengucap salam dan berkasih sayang dengan orang kafir

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Janganlah kalian memulai ucapan salam kepada orang Yahudi dan Nasrani.”(HR. Muslim)

5. Ziarah kubur dan sengaja melakukan perjalanan jauh untuk ziarah kubur

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Allah melaknat kaum wanita yang banyak berziarah kubur.” (HR. Imam Ahmad)

6. Menangis dan meratapi orang yang meninggal

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidaklah termasuk dari (golongan) kami orang yang memukul pipinya, merobek satu (pakaian)nya dan meneriakkan teriakan-teriakan jahiliyah.” (Muttafaq ‘alaih)
Bahkan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda: “Wanita yang meratap, apabila dia tidak bertaubat sebelum meninggal, (maka) pada hari Kiamat dia akan dibangkitkan dan dipakaikan pakaian dari cairan tembaga serta mantel dari penyakit kudis.” (HR. Muslim)

7. Merasa tidak sabar dan berdoa ingin mati ketika mendapatkan ujian berat

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Janganlah seorang dari kalian mengharapkan kematian (hanya) karena musibah yang menimpanya. Kalau dia memang harus berharap (berdo’a) hendaklah dia mengatakan: ‘Ya Allah, hidupkanlah aku selama kehidupan itu lebih baik untukku dan matikanlah aku apabila kematian itu lebih baik untukku’.”(Muttafaq ‘alaih)

8. Jalan-jalan ke Negara orang kafir tanpa kepentingan yang sesuai syariat islam

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Aku berlepas diri dari setiap orang muslim yang bermukim di antara orang-orang musyrik.” (HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi dan dishahihkan oleh Al-Albani)

9. Tidak tahu terima kasih terhadap suaminya

Rasul Saw. bersabda: "Allah Azza wa Jalla tidak akan pernah melihat kepada wanita (istri) yang tidak berterima kasih kepada suaminya, padahal ia menggantungkan hidupnya kepada sang suami." (HR. al-Hakim)

10. Mengejek atau menghina orang islam yang taat  

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman:
 “Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentulah mereka akan manjawab, “Sesungguhnya Kami hanyalah bersenda gurau dan bermain-main saja.” Katakanlah: “Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok? Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman. jika Kami memaafkan segolongan kamu (lantaran mereka taubat), niscaya Kami akan mengazab golongan (yang lain) disebabkan mereka adalah orang-orang yang selalu berbuat dosa.” (QS. At-Taubah: 65-66)
Selain yang disebutkan diatas, mungkin masih banyak kesalahan-kesalahan lainnya yang sering dilakukan wanita. Hem, sebagai muslimah yang baik, pastinya kita akan berusaha menghindari kesalahan-kesalahan diatas, bukan? Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua. 

Loading...
Previous
Next Post »
loading...