Loading...

Amalan Sunnah yang bisa Anda kerjakan di Bulan Dzulhijjah

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang keistimewaan luar biasa 10 awal malam di bulan dhulhijjah, maka disini kita akan membahas apa sajakah amalan sunnah yang bisa dikerjakan pada hari-hari emas tersebut. Setelah mengetahui besarnya pahala yang diperoleh pada 10 awal bulan dhulhijjah tersebut, tentunya sebagai muslim, kita akan berusaha melaksanakannya. Kapan lagi kita bisa mendapatkan pahala yang setara dengan jihad fi sabilillah? Muslim, Ini Keistimewaan 10 Malam Dhulhijah Dibandingkan Malam Lailatul Qadar

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari, rahimahullah, dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu : Sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya : Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah ?. Beliau menjawab : Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun”. (HR. Al Bukhari, Ahmad, dan At Turmudzi)
Nah, berikut ini Amalan Sunnah yang bisa Anda kerjakan di Bulan Dzulhijjah : (CAra Memilih hewan kurban yang sesuai syariat)

1.    Berpuasa di Sembilan hari pertama

Dari Abu Qatadah radhiallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “…puasa hari ‘arafah, saya berharap kepada Allah agar menjadikan puasa ini sebagai kaffarah satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya..” (HR. Ahmad & Muslim).

2.    Bertakbir

“Tidak ada amal yang dilakukan di hari yang lebih agung dan lebih dicintai Allah melebihi amal yang dilakukan di tanggal 1 – 10 Dzulhijjah. Oleh karena itu, perbanyaklah membaca tahlil, takbir, dan tahmid pada hari itu.” (HR. Ahmad )

3.    Memperbanyak amal shaleh

Dari Ibn Abbas radhiallahu ‘anhu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidak ada hari dimana suatu amal shaleh lebih dicintai Allah melebihi amal shaleh yang dilakukan di sepuluh hari ini (sepuluh hari pertama Dzulhijjah, pen.).” Para sahabat bertanya: Wahai Rasulullah, termasuk lebih utama dari jihad fi sabilillah? Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Termasuk lebih utama dibanding jihad fi sabilillah. Kecuali orang yang keluar dengan jiwa dan hartanya (ke medan jihad), dan tidak ada satupun yang kembali (mati dan hartanya diambil musuh, pen).” (HR. Al Bukhari, Ahmad, dan At Turmudzi)

4.    Idul Adha

Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, beliau mengatakan: Bahwa ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba di madinah, masyarakat madinah memiliki dua hari yang mereka rayakan dengan bermain. Kemudian nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya: “Dua hari apakah ini?” mereka menjawab: kami merayakannya dengan bermain di dua hari ini ketika zaman jahiliyah. Kemudian nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya Allah telah memberikan ganti kepada kalian dengan dua hari yang lebih baik: idul fitri dan idul adha.” (HR. An Nasa’i, Abu Daud, Ahmad dan dinilai shahih oleh Al albani)

5.    Berqurban

Allah berfirman:“Laksanakanlah shalat untuk Rabmu dan sembelih-lah qurban.” (QS. Al Kautsar: 2)

6.    Haji

Allah berfirman:“Kewajiban bagi manusia kepada Allah, berhaji ke baitullah, bagi siapa saja yang memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan” (QS. Ali Imran: 97)
Semoga informasi yang berjudul Amalan Sunnah yang bisa Anda kerjakan di Bulan Dzulhijjah diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

tag : amalan 1 hingga 10 dzulhijjah keutamaan puasa bulan dzulhijjah keutamaan puasa dzulhijjah keutamaan puasa dzulhijah amalan di bulan rajab amalan di bulan sya'ban amalan di bulan ramadhan amalan di bulan syaban

Loading...
Previous
Next Post »
loading...