Loading...

Cara Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Sesuai Syariát

Hari Raya Idhul Adha tinggal menghitung hari, sudahkah Anda menyiapkan hewan qurban yang terbaik? Berkurban termasuk salah satu ibadah yang sangat dianjurkan bagi muslim yang mampu. Di jaman yang serba mudah ini, kita bisa dengan mudah menemukan pedagang hewan kurban. Bahkan, hanya tinggal pesan via online saja, binatang qurban bisa langsung dikirim ke rumah. Namun, dibalik kemudahan tersebut, ada hal yang patut diwaspadai yakni apakah Anda sudah memilih hewan qurban yang sesuai syariat? Hewan kurban bukanlah hewan sembarangan, karena ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi. Jadi tidak cukup hanya sekedar sehat dan gemuk saja, tapi harus kuat, cukup umur dan masih banyak criteria lainnya.

Perintah berkurban dalam Islam

Allah SWT berfirman :

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ (1) فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ (2) إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ (3) ]الكوثر : 1-3

Artinya : Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni'mat karunia yang sangat banyak. Maka sholatlah karena tuhanmu dan berkurbanlah. Sungguh orang yang membencimu akan terputus (dari rahmat Allah SWT).

Cara Memilih Hewan Kurban yang baik dan Sesuai Syari'at

Nah, agar tidaksalah memilih hewan kurban, sebaiknya simak Cara Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Sesuai Syariát, berikut ini :

1.    Umur Hewan Qurban

Sebelum memilih dan membeli hewan kurban, pastikan Anda tanyakan kepada penjualnya apakah umur hewan tersebut sudah mencapai 12-18 bulan untuk domba. Sedangkan untuk sapi atau kerbau, umurnya harus sekitar 22 bulan. Tapi apa iya, semua pedagang mengenali umur hewan-hewan dagangannya? Ternyata untuk memastikan umur binatang qurban tersebut, Anda bisa mengamati gigi-giginya. Jika gigi susu (gigi bagian depan) sudah tanggal/powel, maka hewan tersebut sudah memenuhi syarat umurnya.

2.    Pilih hewan kurban yang sehat

Syarat lainnya yang harus dipenuhi adalah binatang kurban haruslah sehat. Hewan sehat bisa dilihat dari beberapa tanda, yakni : bulunya halus, mengkilat, tidak berjamur, berkutu atau rontok, gerakannya lincah, matanya jernih dan terbuka lebar. Hindari memilih hewan yang sakit, cacat, matanya belekan, lemas, dan cirri buruk lainnya.

3.    Pilih yang bentuk tubuhnya standar

Hewan kurban yang baik harus memiliki tubuh yang standar, yakni : memiliki punggung yang rata, tanduk seimbang, empat kaki simetris, dan postur tubuhnya ideal.

4.    Pilih hewan kurban yang kuat dan kokoh

Sebelum memutuskan membeli, pastikan pilih hewan yang kuat, yakni : mampu berdiri kokoh di atas empat kakinya, tegak, kuat, tidak patah tulangnya, tidak patah tanduknya, tidak hilang mata atau telinganya.

5.    Perhatikan mulutnya

Perhatikan pula bagian mulut hewan kurban sebelum memutuskan membeli. Hindari memilih hewan kurban yang mulutnya keluar liur berlebihan, terdapat bintil kemerahan atau cirri lainnya yang menunjukkan hewan tersebut mengidap penyakit.

6.    Perhatikan kotorannya

Perhatikan apakah anus hewan yang Anda pilih bersih dan kering, jangan sampai salah memilih hewan kurban yang cacingan atau mengalami diare. Cacingan bisa dkenali dari bulunya yang kusam dan kurus kering.

7.    Jika perlu, pilih hewan kurban yang bersertifikat

Jika Anda merasa ragu, pastikan memilih hewan kurban yang sudah memiliki izin dari Sudin peternakan dan perikanan setempat atau ada label sehat dari lembaga yang terkait.
Dengan memilih hewan qurban yang terbaik, maka hal inimenunjukkan kesungguhan Anda dalam berkurban. Semoga Allah Shalallahu alaihi wasallam menerima segala amal ibadah kita.

Tags : tips memilih hewan qurban tips memilih hewan kurban yang sehat syarat hewan kurban tips memilih hewan qurban yang baik ciri ciri hewan untuk kurban ciri ciri kambing kurban yang bagus ciri-ciri kambing sehat untuk kurban syarat syarat hewan qurban

Loading...
Previous
Next Post »
loading...