Loading...

Kebiasaan Sederhana Ini Buat Anda Panen Pahala Melimpah

Pernahkah Anda mentraktir teman, saudara, keluarga tercinta, atau mungkin orang lain yang tidak Anda kenal? Mentraktir atau memberi makan/minum termasuk kebiasaan yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama jika seseorang memiliki kelebihan rezeki. Meski sering dilakukan, sayangnya tak semua orang tahu bahwa ada pahala yang melimpah ruah yang bisa Anda panen dari kebiasaan mentraktir orang. Mentraktir dalam islam adalah hal yang positif, karena ternyata memberikan makan dan minum pada orang lain dapat membuahkan pahala yang besar. Bahkan, Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam sendiri sangat menganjurkan dalam sebuah hadit yang artinya :
Sesungguhnya seorang laki-laki bertanya kepada Nabi shollallahu ’alaihi wa sallam: “Manakah ajaran Islam yang lebih baik?” Rasul shollallahu ’alaih wa sallam bersabda: ”Hendaklah engkau memberi makanan dan mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal dan yang tidak.” (HR Bukhari)

Sadarkah Anda jika kebiasaan mentraktir/memberi makan dan minum orang lain termasuk amal jariyah yang besar. Sadarkah Anda jika orang tua kita kita sudah memanen pahala kita, karena sudah merawat dan membesarkan kita dengan hasil keringatnya. Menurut ulama, selama kita hidup, maka kedua orang tua kita akan memanen pahala yang melimpah dari kita hingga anak cucu kita. Subhanallah, bukan?
Balasan yang luar biasa dari Allah pada orang yang gemar member makan/minum orang lain
Agar semakin rajin mentraktir orang, sebaiknya simak apa sajakah keutamaan luar biasa yang bisa Anda peroleh dari kebiasaan tersebut, yakni :

1.    Mendapatkan makanan dan minuman dari surga

“Siapa pun mukmin memberi makan mukmin yang kelaparan, pada hari Kiamat nanti Allah akan memberinya makanan dari buah-buahan surga. Siapa pun mukmin yang memberi minum mukmin yang kehausan, pada hari kiamat nanti Allah akan memberinya minum dari minuman surga. Siapa pun mukmin yang memberi pakaian mukmin lainnya supaya tidak telanjang, pada hari kiamat nanti Allah akan memberinya pakaian dari perhiasan surga.” (HR Tirmizi).

2.    Mendapatkan naungan Allah SWT di hari perhitungan

 “Tiga pekara siapa pun yang ada padanya, kelak akan dinaungi oleh Allah di bawah arsy-Nya pada hari tidak ada naungan kecuali naungan-Nya. Yaitu, berwudhu pada waktu cuaca dingin, mendatangi masjid meskipun gelap, dan memberi makan orang yang kelaparan.” (HR Abu Muslim al-Ashbahani).

3.    Masuk surga dengan selamat

Dari Abu Yusuf yaitu Abdullah Ibn Salam ra. berkata: Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda:  Hai sekalian manusia, sebarkan salam, berilah makanan, hubungkanlah sanak keluarga, dan dirikanlah shalat ketika orang-orang sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat. (HR al-Tirmizi)

4.    Berkesempatan memanen pahala yang melimpah

Dari Abu Sa’id dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Janganlah engkau berteman kecuali dengan orang mukmin, dan janganlah memakan makananmu kecuali orang yang bertakwa.” (HR. Abu Daud, no. 4832; Tirmidzi, no. 2395; Ahmad, 3:38; Ibnu Hibban)
Hadits diatas bisa memiliki arti jika kita mentraktir orang yang bertaqwa, maka dia akan semakin kuat beribadah. Dengan begitu Anda akan ikut memanen pahalanya. Berbeda jika Anda mentraktir ahli maksiat, makanan yang kita berikan dapat membuat mereka melakukan kejahatan/kemaksiatan. Tentu hal ini dapat membahayakan kita sendiri, kecuali jika kita tidak tahu.
Semoga informasi yang berjudul Kebiasaan Sederhana Ini Buat Anda Panen Pahala Melimpah diatas dapat bermanfaat bagikita semua.

Tag :  pahala memberi makan orang berpuasa keutamaan memberi makan orang lain pahala memberi makan orang lain keutamaan memberi makan orang miskin keutamaan memberi makan orang lapar hadits memberi makanan pahala memberi makan orang miskin keutamaan memberi makan fakir miskin

Loading...
Previous
Next Post »
loading...