Produksi ASI Sedikit? Lakukan Delapan Cara Ini Agar ASI Lancar

Menyusui termasuk satu proses yang tak ringan, karena seringkali muncul beberapa masalah yang akhirnya membuat ibu stres dan putus asa, salah satunya : produksi ASI tidak lancar. Meski masalah produksi ASI sedikit bisa diatasi dengan sedikit perjuangan, namun sayangnya ada sebagian ibu yang putus asa hingga tidak mau melanjutkan proses menyusui. Sayang sekali, bukan? Padahal bukan rahasia lagi jika ASI merupakan makanan yang terbaik dan paling bisa dicerna oleh tubuh bayi. Tidak ada makanan atau minuman apapun di dunia ini yang mampu menandingi kehebatan ASI.
Saya sendiri pernah mengalami masalah produksi ASI sedikit saat menyusui bayi premature, Zahraa Nabiila. Sedih dan stress sempat saya rasakan, namun kondisi tersebut justru memperburuk kondisi, karena semakin stress maka produksi ASI makin sedikit. Akhirnya saya berusaha semangat lagi, dan berikut ini tujuh cara yang bisa dilakukan agar ASI Lancar :

1.    Tenangkan hati dan pikirkan hal-hal yang membahagiakan

Stres dan sedih dapat menghambat produksi ASI, sebaliknya ketika hati tenang dan bahagia, maka produksi ASI akan berangsung membaik dan lancar.

2.    Konsumsi makanan sehat dan seimbang

Ibu membutuhkan tenaga ekstra ketika merawat dan menyusui bayi, karena kurang gizi akan membuat tubuh ibu lemah dan tak bertenaga. Jika demikian, bagaimana ibu bisa mengenyangkan bayi Anda?

3.    Tingkatkan frekuensi menyusui

Semakin sering menyusui, maka produksi ASI akan semakin meningkat. Karena itu, pastikan ibu tidak malas menyusui yaa!

4.    Gunakan pompa ASI

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk merangsang produksi ASI, yakni dengan memompa ASI. Ibu bisa menyimpan stock ASI dengan cara yang benar dan memberikan kepada  Bayi ketika dibutuhkan.

5.    Jangan abaikan waktu menyusui

Disiplin terhadap jadwal menyusui anak dapat mencegah ASI tidak lancar. Karena itu pastikan jangan membiarkan anak tidur ketika waktu menyusu, karena membuat anak kekurangan ASI dan produksi ASI jadi menurun.

6.    Menyusui secara bergantian di kedua sisi

Agar produksi ASI lancar, pastikan Anda menyusui bayi secara bergantikan kedua sisi payud*ara. Menyusui hanya satu sisi membuat ukuran p*yud#ra Anda menjadi tidak simetris dan pastinya menghentikan produksi ASI.

7. Konsumsi makanan/minuman booster  ASI

Ada beberapa makanan atau minuman yang berkhasiat melancarkan produksi ASI, diantaranya : habbatussauda, madu, kurma, daun katuk, daun pepaya, dan lainnya.

8.    Berdoa

Berdoa tetap harus dilakukan karena kita pasti tahu, siapa sich yang Maha memberi rizki untuk kita dan buah hati kita? Semoga dengan berdoa, maka ASI yang merupakan rezeki anak kita dilancarkan hingga waktu menyapih tiba.
Ketika usaha sudah dilakukan secara maksimal, namun hasilnya masih tetap sama, sebaiknya segera hubungi dokter karena bsia jadi ada factor lain yang mengakibatkan ASI terhambat, misalnya : masalah hormone, gangguan kesehatan ibu, dan lainnya. Semoga informasi yang berjudul Produksi ASI Sedikit? Lakukan Delapan Cara Ini Agar ASI Lancar datas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tags : asi keluar sedikit cara mengatasi asi yang sedikit solusi asi sedikit asi sedikit setelah melahirkan asi hanya keluar sedikit asi berkurang asi tidak keluar setelah melahirkan penyebab asi berkurang dan cara mengatasinya

Loading...
Previous
Next Post »
loading...