Rahasia Khasiat Wortel Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Gambar dari sini
Siapa sich yang tidak kenal dengan wortel? Ya, wortel merupakan salah satu sayuran yang cukup terkenal di seluruh dunia. Sayur dengan bentuk yang memanjang dan warna orange cerah membuat wortel mudah dikenali, bahkan oleh anak kecil sekalipun. Dari dulu kebanyakan orang mengenal wortel sebagai sayuran yang baik untuk kesehatan mata, karenanya mereka memanfaatkan wortel sebagai sayuran, kue, ataupun jus.
Sebenarnya, dalam wortel terkandung khasiat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Hal itu karena besarnya kandungan nutrisi dalam wortel, yang diantaranya : Vitamin A, Beta-karoten, Folat (Vit. B9), Vitamin C, Kalsium, Magnesium, Fosfor, Kalium, dan masih banyak yang lainnya. Hem, melihat besarnya kandungan nutrisi wortel, tentunya kita bisa membayangkan betapa besarnya khasiat wortel. Agar lebih jelasnya, berikut ini beberapa rahasia khasiat wortel untuk kesehatan dan kecantikan:
Khasiat Wortel untuk kesehatan
  • Menyehatkan mata
Kandungan betakaroten dalam wortel sangat baik untuk kesehatan mata Anda. Dengan rutin mengonsumsi wortel setiap hari, maka mata yang bening dan sehat bukan lagi impian.
  • Mencegah kanker
Selain kandungan antioksidan yang tinggi, ternyata wortel mengandung falcarinol dan falcarindiol yang bersifat antikanker. Hal itu membuat sayuran yang satu ini sangat efektif menangkal berbagai jenis penyakit kanker, missal : kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker paru-paru.
  • Menyehatkan jantung
Ingin jantung Anda sehat? konsumsi wortel setiap hari, karena didalamnya mengandung betakaroten, lutein dan alfa karoten yang sangat dibutuhkan organ jantung.
  • Mencegah dan meringankan stroke
Kandungan vitamin A yang tinggi sangat bermanfaat mencegah risiko stroke. Bagi yang sudah terserang stroke, vitamin A dalam wortel sangat ampuh mencegah cacat dan meringankan stroke.
  • Menyembuhkan pecandu r0k0k, alkh0h0l, dan obat-obatan terlarang
Kandungan potassium yang tinggi dalam wortel bermanfaat untuk menteralkan keasaman darah para seseorang yang kecanduan r0k0k, alkh0h0l, dan obat-obatan terlarang.
  • Menyehatkan organ pencernaan
Kandungan serat yang tinggi dalam wortel sangat bagus untuk menjaga system pencernaan tubuh agar tetap lancar.
  • Menjaga kadar kolesterol
kandungan serat dalam wortel sangat ampuh membantu menurunkan kolesterol dalam darah, sedangkan kandungan magnesiumnya berfungsi membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.
Khasiat Wortel untuk kecantikan
  • Membuat kulit indah bercahaya
Kandungan antioksidan dan vitamin A dalam wortel sangat ampuh membasmi racun tubuh, sehingga berdampak pada keindahan kulit Anda. Untuk itu, selalu masukkan wortel dalam daftar belanja harian Anda.
  • Memperlambat proses penuaan dini
Antioksidan sangat ampuh menangkal radikal bebas pemicu penuaan dini. Selain itu, dengan rajin mengonsumsi wortel, maka produksi kolagen dalam akan meningkat sehingga kulit akan terlihat kenyal dan awet muda.
  • Mencegah kerusakan rambut dan kulit dari paparan sinar matahari
Kandungan antioksidan dan betakaroten dalam wortel sangat ampuh melindungi kulit dan rambut dari keganasan sinar UV yang sangat berbahaya bagi kesehatan kulit dan rambut.
  • Mencegah dan menyembuhkan jerawat
Kandungan vitamin A dalam wortel sangat ampuh menjaga Ph kulit agar tetap normal sehingga jerawat enggan menyapa. Sedangkan kandungan antioksidan sangat ampuh membantu menyembuhkan jerawat membandel.
  • Mencegah kerontokan dan menyuburkan rambut
Selain vitamin A dan betakaroten, wortel juga mengandung vitamin esensial yang berfungsi menyehatkan rambut dan melancarkan sirkulasi darah di area kepala sehingga membuat rambut terhindar dari kerontokan. Selain itu, vitamin A dan E dalam wortel sangat berkhasiat membuat pertumbuhan folikel rambut meningkat dan menjaga kesehatan kulit kepala Anda.
Wah, ternyata manfaat wortel sangat besar untuk kesehatan dan kecantikan ya! Kalau begitu, jangan lupa untuk selalu mencatat sayuran ajaib ini dalam daftar belanja harian Anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua. Salam Sehat!
Loading...
Previous
Next Post »