Enam Waktu Saat Pintu-Pintu Langi Di Buka

Cinta Putih Zahraa - Langit terdiri atas beberapa pintu. Jarak antara satu lapis langit dengan lainnya berjarak lima ratus tahun. Begitu jauhnya jarak antara satu langit dengan langit lainnya sehingga membutuhkan waktu hingga ratusan tahun untuk melewatinya. Meski begitu, tahukah Anda jika terdapat keistimewaan ketika pintu-pintu langit terbuka, yakni terkabulnya doa kita. Hem, siapa sich yang tidak bahagia jika setiap doa yang dipanjatkan selalu dikabulkan oleh Allah SWT. Lalu, kapankah pintu-pintu langit itu akan terbuka? 
Ada beberapa waktu istimewa dimana pintu langit terbuka, diantaranya :

1.    Saat membaca doa iftitah

Doa iftitah merupakan doa yang dibaca saat shalat, yakni setelah takbiratul ikhram pertama kali.
Hal itu sebagaimana dalam hadits berikut : Lalu Rasulullah saw bersabda,”Siapakah yang mengatakan kalimat ini dan itu.’ Lalu orang itu berkata,’Saya wahai Rasulullah saw.’ Beliau bersabda,”Aku tertegun dengannya dan pintu-pintu langit pun terbuka.’ Ibnu Umar berkata,’Aku pun tidak pernah meninggalkan kalimat-kalimat itu sejak mendengar sabda Rasulullah itu.” (Shahih Muslim)

2.    Sebelum dhuhur

Sebelum waktu dhuhur merupakan waktu mustajab untuk berdoa, karena pada saat itu bersamaan dnegan terbukanya pintu-pintu langit. Hal itu berdasarkan sabda Rosullullah SAW yang artinya: “Sesungguhnya buka-buka pintu langit dibuka hingga tergelincir matahari dan tidaklah tertutup sebelum solat zuhur, maka aku ingin saat itu yang naik bagiKu adalah suatu kebaikan” (HR. At-Tahrib 584, sahih)

3.    Ketika melaksanakan shalat sunnah qobliyah zhuhur

Sebelum shalat dhuhur, kita disunnahkan melaksanakan shalat sunnah qabliyah. Bersamaan pada waktu itu, pintu-pintu langit terbuka, sehingga sangat bagus untuk memanjatkan doa. Hal itu berdasarkan sabda Rasulullah saw,”Empat rakaat sebelum zhuhur tanpa salam diantara rakaat-rakaatnya maka terbukalah pintu-pintu langit.” (Shahih al Jami, 885)

4.    Saat adzan dikumandangkan

Waktu istimewa lainnya dimana pintu-pintu langit dibuka adalah saat adzan berkumandang. Hal itu berdasarkan sabda Rasulullah saw,”Apabila seorang muadzin mengumandangkan adzan maka terbukalah pintu-pintu langit dan dikabulkanlah doa.” (shahih al Jami’ 803)

5.    Ketika menanti dua shalat

Ada yang suka menanti waktu shalat? Tahukah Anda bahwa kebiasaan tersebut sangatlah disukai Allah. Hal itu berdasarkan sabda Rasulullah saw,”Bergembiralah kalian, Ini adalah Tuhan kalian sungguh Dia swt telah membuka satu pintu dari pintu-pintu langit dan membanggakan kalian dihadapan para malaikat dengan mengatakan,’Kalian lihatlah hamba-hamba-Ku, mereka telah menyelesaikan suatu kewajibannya dan menanti kewajiban yang lainnya.” (ash Shaihah 661, sunan Ibnu Majah 850)

6.    Di tengah malam

Tengah malam disaat orang memeluk selimutnya, Anda bisa bermunajat kepada Allah, karena pada waktu tersebut sangat mustajab untuk berdoa. Hal itu, berdasarkan sabda Rasulullah saw,”Pintu-pintu langit dibuka pada saat tengah malam lalu ada suara yang memanggil,’Apakah ada orang yang berdoa? Lalu orang itu pun dikabulkan. Apakah ada orang yang meminta? Lalu orang itu pun diberikan. Apakah ada orang yang dalam kesulitan? Lalu orang itu pun dilapangkan.” (Shahih al Jami’ 376)
Setelah mengetahui Enam Waktu Saat Pintu-Pintu Langi Di Buka tersebut, pastinya kita tidak perlu gundah gulana lagi, karena Rahmat Allah bisa tercurahkan dengan mudahnya asal kita mau berdoa kepada_Nya.

Baca Artikel Keren Lainnya

Waspadai 8 Buah dan Sayuran Ini Mengandung Racun Sianida
Tips dan Cara Membuat Singkong Goreng yang Empuk dan Merekah
Jurus Ampuh Membuka Pintu Langit
Tiga Amalan Sunnah Ini Bebaskan Anda dari Segala Penyakit
Cara Mudah Terhindar dari Gangguan Jin dan Santet
Rahasia Jumlah Gigi Manusia Untuk Tangkal Penyakit Mematikan
Loading...
Previous
Next Post »