Loading...

Jangan Salah, Ini Dia Orang-Orang yang Berhak Menerima Daging Kurban

CintaPutihZahraa - Hari raya kurban sudah tinggal menghitung hari, apakah Anda sudah mempersiapakan hewan kurban yang terbaik?  Banyak orang yang tidak paham, sebenarnya siapakah yang berhak menerima daging kurban, apakah hanya untuk disedekahkan kepada fakir miskin saja? Meski bermanfaat untuk dijadikan sedekah kepada fakir miskin, namun tujuan penyembelihan hewan kurban bukan semata-mata untuk diberikan kepada orang-orang miskin. Berbeda dengan ibadah zakat yang memang tujuannya untuk diberikan kepada orang fakir dan miskin. Lalu kepada siapakah daging kurban boleh diberikan?  Kaki Gampang Pegal-Pegal? Atasi dengan 7 Cara Alami Ini
orang yang berhak menerima daging kurban/http://harianamanah.com
Daripada penasaran, sebaiknya simak penjelasan dan informasinya berikut ini :

Daging kurban untuk dimakan sendiri, dihadiahkan dan disedekahkan

Jika selama ini masih ada yang bingung, kepada siapakah daging kurban bsia diberikan, maka jawabannya ada tiga, yakni : disunnahkan untuk dimakan yang menyembelih, kedua dihadiahkan kepada kerabat dan sahabat dan yang ketiga disedekahkan kepada fakir miskin. Karena ada tiga objek peruntukan, maka ada sebagian ulama yang menyarankan agar daging dibagi menjadi tiga, yakni sepertiga pertama untuk dimakan, sepertiga kedua untuk diberikan kepada sahabat/kerabat dan sepertiganya disedekahkan kepada fakir miskin. Namun jika ada lebih dan kurangnya dalam pembagiannya, tetap diperbolehkan. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam firman Allah dan juga hadits Nabi Shalallahu Álaihi wasallam, yang artinya :  Ini 9 Alasan Kenapa Wanita Tak Malu Menjadi Perebut ‘Laki’ Orang Alias Pelakor

•    Diperbolehkan memakan sebagian dan sebagian disedekahkan kepada fakir miskin dan orang yang sengsara

 “Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezeki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir." (QS. Al Hajj : 28)

•    Daging kurban diberikan kepada orang yang tidak meminta dan orang yang meminta-minta

“Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta." (QS. Al Hajj : 36)

•    Hadits tentang kepada siapa daging kurban diberikan

“Beliau memberi makan untuk keluarganya sepertiga, untuk orang-orang fakir dari tetangganya sepertiga, dan disedekahkan kepada orang yang meminta sepertiga. (HR. Abu Musa Al Ashfahani)
Dan juga ada sabda Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam di dalam hadits shahih: “Makanlah, berilah makan orang miskin dan hadiahkanlah." (HR.Bukhari dan Muslim).
Yang tidak boleh dilakukan pada daging kurban   
Meski boleh diberikan kepada siapa saja, baik dikirimkan ke wilayah lain yang membutuhkan, namun daging kurban tidak boleh dijual meskipun itu hanya bagian kulitnya. Jadi, sangat dilarang bagi kita untuk membayar tenaga penyembelih dengan daging kurban, kulit, kepala, kaki atau bagian tubuh hewan kurban lainnya. Untuk penyembelih, seseorang harus membayar dengan upahnya dengan uangnya sendiri dan bukan dibayar dari penjualan bagian hewan tersebut.
Setelah mengetahui siapa orang-orang yang berhak menerima daging kurban diatas, pastinya kita tidak akan merasa ragu lagi untuk memilih siapa saja yang akan diberikan daging kurban, bukan? Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sumber : fimadani.com
Loading...
Previous
Next Post »
loading...