Keputihan pada Wanita

Gambar dari sini
Pernahkah Anda mengalami keputihan? Keputihan atau pek tay atau Fluor Albus merupakan suatu kondisi dimana vagina mengeluarkan lendir. Pada dasarnya, keputihan dibedakan menjadi dua, yakni keputihan normal (fisiologis) dan abnormal (patologis). Bagaimana keputihan bisa dikatakan normal? Keputihan normal yakni keputihan yang hampir terjadi pada wanita, yakni menjelang menstruasi, pada saat masa subur, pada ibu hamil.
Lalu, bagaimana keputihan bisa dikatakan tidak normal? Keputihan yang disebabkan infeksi, umumnya disertai rasa gatal atau iritasi pada area sekitar vagina. Keputihan patologis umumnya disebabkan oleh virus, jamur, bakteri, dan parasit. Keputihan tidak normal snagat berbahaya apabila tidak segera diobati, karena dapat menyebar dan menimbulkan peradangan pada saluran kencing.
Cairan keputihan bisa berasal dari Vulva, Vagina, korp[us uteri, servik uteri, atau bisa juga berasal dari tuba. Keputihan normal memiliki ciri-ciri, diantaranya sebagai berikut :
  • Cairan encer, berwarna putih bening dan tidak lengket
  • Tidak mengeluarkan bau menyengat, amis, atau busuk
  • Tidak disertai flek kemerahan, kecoklatan, kekuningan atau kehijauan
  • Tidak disertai gatal dan iritasi
Keputihan normal biasanya dialami oleh wanita pada sebelum dan sesudah menstruasi, bayi perempuan baru lahir, gadis sebelum masuk pubertas, wanita hamil, wanita menopause, dan lain sebagainya. Jadi, apabila terjadi keputihan dnegan ciri-ciri diatas, tidak usah cemas, karena akan sembuh dengan sendirinya. Meski begitu, menjaga kebersihan tetaplah harus dilakukan agar keputihan yang normal tidak berubah menjadi tidak normal.Ciri-ciri keputihan abnormal, antara lain :
  • Cairan berwarna putih kental, kekuningan, kehijauan atau kecoklatan.
  • Cairan lebih kental, lengket dan kadang-kadang disertai busa
  • Cairan berbau menyengat, amis, dan busuk
  • Cairan menimbulkan rasa gatal dan iritasi
Keputihan abnormal tersebut bisa terjadi pada penderita penyakit vagina yang berbahaya, misalnya : candyloma, herpes, dan HIV. Jika mengalami gejala keputihan tidak normal, segera periksakan diri ke dokter agar dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Nah, sudah tahu kan, apa itu keputihan pada wanita? (baca juga penyebab keputihan) Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...