Loading...

Labu Kuning, Salah Satu Makanan Favorit Rasulullah

Mengonsumsi Labu kuning, tidak hanya menyehatkan tapi juga mendatangkan pahala karena sudah mengikuti kebiasaan Rasulullah. Benarkah Labu kuning merupakan salah satu makanan favorit Rasulullah? Sebelum kita membahasnya, yuk kita intip penyebutkan buah labu dalam Al Quran berikut.
“Dan kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu,” (Ash- Shaffat [37]: 146)
Buah labu kuning termasuk salah satu buah kesukaan Rasulullah. Hal itu sebagaimana dikisahkan dalam sebuah hadits,
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam diundang oleh seorang prajurit untuk menghadiri jamuan makan. Kata Anas, “aku berangkat bersama Rasulullah menghadiri jamuan makan tersebut. Kepada Rasulullah, tuan rumah  menghidangkan roti dari gandum dan kuah berisi labu kuning dan dendeng. Aku melihat Rasulullah mencari labu di seputar mangkuk kuah itu.”(HR. Muslim)
Labu kuning, salah satu makanan favorit Rasulullah, bahkan dalam kitab al-Ghailaaniyyat diceritakan Beliau meminta istrinya Aisyah untuk memperbanyak Labu dalam masakannya. Kata Rasulullah, Labu dapat mengobati kesedihan hati. Sifat dingin dan basah dari labu kuning mampu memberikan asupan gizi ringan. Selain itu, sifatnya yang lembut dan berair dapat memberikan suntikan makanan yang lembab dan berlendir, serta sangat cocok bagi mereka yang kedinginan dan memiliki kelebihan lendir. Air dalam buah labu kuning sangat bergizi dan dapat menghilangkan dahaga.
Labu kuning mengandung manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan, diantaranya adalah :
•    Membantu mengatasi penyakit radang otak
•    Membantu mengatasi pembengkakan pada telinga
•    Mengobati mata bengkak dan encok panas
•    Membantu mengendalikan kadar gula dalam darah
•    Membantu menyembuhkan demam dan masalah pencernaan
•    Bijinya berkhasiat mencegah dan mengatasi masalah pembesaran prostat pada pria dan kesehatan organ reproduksi
•    Kulit labu kuning mengandung sejenis zat aktif yang mampu membunuh kuman penyebab penyakit candidiasis atau infeksi jamur
Bagaimana, masih ragu nih untuk menempatkan Labu kuning dalam daftar belanjaan harian? Semoga informasi tentang labu kuning diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...