Suka Makan/Minum yang Panas? Waspadai 4 Bahayanya Bagi Kesehatan

Suka makan atau minum panas? Kebanyakan orang menyukai makanan/minuman yang panas, karena memiliki sensasi tersendiri. Terlebih saat musim penghujan dimana hawa dingin seringkali membuat seseorang merasa kurang berselera ketika menyantap makanan/minuman dingin. Karena itu tak mengherankan jika hampir kebanyakan makanan disajikan dalam kondisi panas atau hangat. Tidak mengapa menikmati makanan panas atau hangat, akan tetapi pastikan yang ramah untuk alat pencernaan kita. Jangan sampai hanya karena hobi sepele ini lantas menimbulkan hal-hal yang membahayakan.
bahaya makanan panas

Nah, bagi Anda pecinta makanan panas, sebaiknya waspadai beberapa bahaya yang siap menimpa akibat kebiasaan tersebut, yang diantaranya :

1.    Lidah mati rasa

Akibat memaksakan diri memakan atau meminum sesuatu yang panas, maka lidah dapat mengalami sensasi seperti terbakar atau mati rasa pada lidah. Bisa dibayangkan, bagaimana rasanya ketika lidah yang merupakan indera pengecap ini mengalami mati rasa? Yang ada Anda tak bisa lagi menikmati makanan enak dan bahkan yang terburuk bisa menyebabkan lidah terluka/mirip sariawan.

2.    Menyebabkan gangguan pencernaan

Makan panas-panas dilanjutkan minum dingin memang dianggap mengasyikkan, padahal kebiasaan ini dapat membahayakan system pencernaan. Kondisi tersebut membuat makanan sulit dicerna bahkan dapat sebabkan perut sakit.

3.    Merusak gigi

Gigi termasuk organ yang sensitive, apalagi jika tersentuh panas atau dingin berlebihan. Tak hanya gigi, lapisan dentin juga akan mengalami kerusakan, tapi juga gigi dan gusi. Bisa dibayangkan bagaimana jika gigi mengalami masalah kesehatan. Tak hanya membuat Anda kesakitan, tapi juga tidka bisa makan enak. Untuk itu, pastikan tunggu makanan dingin atau setidaknya hangat kuku agar tidak merusak gigi.

4.    Menyebabkan kanker esophagus

Bahaya lainnya yang patut diwaspadai akibat kebiasaan makan panas-panas adalah menyebabkan penyakit kanker esophagus. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang terjadi pada tahun 2009. Wow, ini sungguh tak terduga ya! Ternayta ketika makanan panas melalui kerongkongan, maka dapat merusak sel rapuh yang melapisi krongkongan sehingga menyebabkan terjadinya mutasi.
Lalu, bagaimana seharusnya mengonsumsi makanan/minuman yang baik?
Pastikan menunggu makanan dingin dulu atau setidaknya hangatnya ramah untuk kerongkongan, lidah dan gigi. Setelah itu, pastikan dilanjutkan dengan minuman hangat/suhu ruang sehingga tidak menimbulkan dampak buruk. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua yaa…
Loading...
Previous
Next Post »