Loading...

Makanan-makanan Sehat untuk Jantung Sehat

Gambar dari sini
“Sayangi jantung Anda”, menjadi slogan yang wajib dilakukan semua orang, karena jantung merupakan organ vital dalam tubuh. Fungsi utama jantung adalah memompa darah yang nantinya akan diedarkan ke seluruh tubuh. Jadi, apabila fungsi jantung terganggu, maka sirkulasi darah ke seluruh tubuh juga pasti akan terhambat. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, maka menjaga kesehatan jantung adalah hal yang wajib dilakukan semua orang. (Makanan yang Tidak Baik Untuk Jantung)
Menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya memulai gaya hidup sehat, rajin berolahraga, dan memilih asupan makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Hem, kira-kira apa sajakah makanan-makanan sehat untuk jantung sehat itu? Agar lebih jelasnya, berikut ini beberapa jenis makanan yang baik untuk jantung :
1.    Ikan segar
Ikan mengandung asam lemak omega-3 tinggi yang sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Beberapa jenis ikan yang direkomendasikan, antara lain : salmon, tuna, sarden, dan lain sebagainya. (Waspadai, 5 Makanan Ini Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung)
2.    Pisang
Kandungan kalium dalam buah pisang dipercaya mampu meredakan degup jantung yang terlalu kencang.
3.    Bawang putih
Kandungan antioksidan dalam bawang putih bermanfaat mengeluarkan racun tubuh dan membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah dalam tubuh, sehingga sangat membantu kinerja jantung dalam memompa darah.
4.    Almond
Almond mengandung vitamin dan antioksidan yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan mencegah penyakit jantung.
5.    Labu kuning
Labu kuning mengandung magnesium yang berfungsi menstabilkan denyut jantung Anda.
6.    Yoghurt
Kandungan vitamin B 12 dalam yogurt sangat bermanfaat membantu perkembangan sel-sel dan menguatkan sistem saraf sehingga membantu menstabilkan detak jantung Anda.
7.    Kismis
Kismis mengandung potasium tinggi dan rendah sodium sehingga sangat baik untuk mengatasi jantung yang berdenyut kencang.
8.    Oatmeal
Oatmeal mengandung omega-3 yang membantu menurunkan kolesterol jahat pada arteri yang menjadi menyebabkan masalah jantung.
9.    Peppermint
Pepermint dalam pengobatan otiental kuno dipilih sebagai alternatif untuk menyehatkan jantung, karena membantu menguatkan otot jantung dan meningkatkan sirkulasi darah pada jantung.
10.    Tahu
Tahu mengandung kalsium dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Jadi, jika ingin jantung sehat, jangan lupa konsumsi tahu ya!
11.    Minyak zaitun
Minyak zaitun terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.
12.    Sayuran hijau
Sayuran mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Beberapa sayuran hijau yang baik untuk jantung, antara lain : brokoli, asparagus, dan bayam.
13.    Teh hijau
Teh hijau kaya akan antioksidan polifenol yang dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit kronis akibat paparan radikal bebas, misalnya penyakit jantung.
14.    Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung senyawa yang membantu mencegah penyakit kardiovaskuler. Kandungan kacang-kacangan sendiri, antara lain : vitamin B, zat besi, serat, protein, kalium, folat, dan fitokimia. Jenis kacang-kacangan yang baik untuk jantung kita, antara lain : buncis, kacang merah, kacang polong, kacang hitam, dan lain sebagainya.
15.    Paprika
Paprika mengandung vitamin A, vitamin C, kalium dan antioksidan sehingga sangat baik untuk mendukung kesehatan jantung Anda.
16.    Buah berry
Buah berry sangat kaya antioksidan sehingga membantu menangkal radikal bebas pemicu penyakit jantung. Selain itu, mengonsumsi buah berry juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan HDL. 
Memilih makanan-makanan sehat untuk jantung sehat sangat wajib dilakukan semua orang, karena seperti yang kita tahu penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Jadi, untuk urusan kesehatan jantung, jangan main-main!

Loading...
Previous
Next Post »
loading...