Loading...

Warna Kesukaan Rasulullah

Sebagai umat islam yang baik, tentunya kita akan meneladani apapun yang dilakukan oleh Rasulullah Saw. Apa yang disenangi Rasulullah, kitapun harus menyenanginya, sebaliknya, apa yang tidak disenangi oleh Beliau, kita harus berusaha menghindarinya. Dalam memilih warna, ternyata ada satu warna yang merupakan kesukaan Rasulullah, yakni hijau.
Annas bin Malik mengatakan, “Warna yang paling disukai oleh Rasulullah saw adalah hijau.”
Mungkin ada pendapat lain yang menyebutkan warna lain yang disukai oleh Beliau, namun kali ini kita akan membahas tentang warna hijau saja. Pasti kita masih bingung, apa sih keistimewaan warna hijau? Warna hijau memiliki banyak keistimewaan, karena berkali-kali disebutkan dalam Al Quran, diantaranya :
  1. Penduduk syurga itu (bersenang-senang di dalamnya dengan) berbaring di atas (bantal-bantal dan) cadar-cadar yang hijau warnanya serta permaidani-permaidani Yang sangat indah”. (QS. Al-Rahman: 76)
  2. Mereka di dalam syurga memakai pakaian hijau yang diperbuat dari sutera halus dan sutera tebal (yang bertekat), serta mereka dihiasi dengan gelang-gelang tangan dari perak; dan mereka diberi minum oleh Tuhan mereka Dengan sejenis minuman (yang lain) yang bersih suci”. (Q.S. Al-Insan: 21)
  3. Mereka itu, disediakan baginya syurga yang kekal, yang mengalir di bawahnya beberapa sungai; mereka dihiaskan di dalamnya dengan gelang-gelang tangan emas, dan memakai pakaian hijau dari sutera yang nipis dan sutera tebal yang bersulam; mereka berehat di dalamnya dengan berbaring di atas pelamin-pelamin (yang berhias). (Q.S. Al-Kahf: 31)
Mungkin sebagian dari kita masih belum tahu, kira-kira alasan apalagi yang membuat warna hijau  istimewa? Simak ulasan berikut ini :
•    Hijau memberi efek menyegarkan
Cobalah pejamkan kedua mata Anda, lalu bayangkan warna hijau yang membentang luas. Hasilnya, pasti kita akan membayangkan udara pagi yang segar dan hawa pegunungan yang menyejukkan.
•    Menentramkan jiwa
Apa yang kita rasakan ketika berada diantara pepohonan yang teduh, hamparan sawah yang menghijau, dan beraneka bunga yang menyembul diantara daunnya yang menghijau? Pasti akan merasa tentram dan nyaman bukan!
•    Warna hijau dapat mendatangkan pengaruh yang cukup besar terhadap menusia
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa warna memiliki pengaruh terhadap kejiwaan, semangat, dan mood manusia, sehingga bisa dikatakan warna hijau sangat mempengaruhi kehidupan.
•    Warna hijau dapat mengobati dan membantu mempercepat kesembuhan
Terbukti beberapa rumah sakit memilih warna hijau untuk ruangan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan pasien (pakaian ahli bedah, pakaian pasien). Bahkan sejumlah pakar telah membuktikan bahwa warna yang dapat membangkitkan kebahagiaan dan semangat adalah warna hijau.
•    Menyegarkan pandangan mata
Mata Anda terasa lelah setelah seharian berkutat di depan laptop, coba alihkan padangan pada hamparan sawah yang menghijau, pepohonan yang rindang, atau taman bunga yang indah. Apa yang Anda rasakan? Pasti pandangan Anda akan kembali segar, bukan?
Subhanallah, tidak ada keraguan atas Allah dan Rasulnya. Selain yang disebutkan diatas, mungkin masih banyak contoh lain yang membuat kita sadar  bahwa warna hijau adalah warna yang sangat istimewa. Semoga informasi tentang warna kesukaan Rasulullah diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...