Sikap Terbaik Para Suami Terhadap Istri

Seorang suami memiliki hak atas istrinya, demikian sebaliknya, istri juga memiliki hak atas suaminya. Jika seorang istri memiliki kewajiban untuk patuh, hormat, dan menghargai suami, maka seorang suami juga memiliki kewajiban yang sama untuk menyayangi, menghormati dan menghargai istrinya. Rasulullah sendiri mencontohkan sikap terbaik seorang suami adalah yang baik kepada istrinya. (Baca juga ; Jurus ampuh menaklukkan hati dan dompet suami)
Rasulullah – shollallohu ‘alaihi wa sallam, bersabda : “Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik bagi istrinya, dan aku adalah yang terbaik dari kalian bagi istriku.” (Riwayat Tirmidzi)
Jadi, sebelum seorang suami menuntut istrinya untuk melakukan kewajibannya, dia selaku pemimpin dan suri teladan bagi istrinya harus melakukannya terlebih dahulu. Bagaimanakah cara suami menghargai istrinya? Simak sikap terbaik para suami terhadap istri berikut ini :

•    Menetapkan panggilan sayang yang terbaik dan disukai istri

Panggilan sayang untuk istri wajib diberikan suami, karena ini merupakan bentuk kasih dan ungkapan sayang suami pada istrinya. Rasulullah sendiri mencontohkan panggilan sayang kepada istrinya Ummul Mukminin Aisyah rodhiyallohu ‘anha, yakni “Humaira” (yang pipinya kemerah-merahan).

•    Menggauli istri dengan lemah lembut

Hati wanita itu sangat lembut dan penuh perasaan, karena itu suami  harus memahaminya dan jangan pernah menyakiti atau menyinggungnya dengan kata-kata kasar/keras dan tindakan yang menyakitkan. Sebaliknya jika istri melakukan kesalahan, nasihatilah dengan santun dan penuh kelembutan.

•    Selalu tersenyum dan ceria dihadapan istri

Jika istri dituntut untuk selalu menyenangkan hati suaminya, maka suamipun demikian. Tunjukkanlah wajah ceria dan senyum dihadapan istri, karena dengan dmeikian istri akan ikut bahagia dan merasa nyaman bersama Anda. Berbeda jika Anda selalu memasang muka masam dan cemberut, pasti istri akan merasa serba salah, sebal dan tak bahagia karena merasa Anda tidak bahagia bersamanya.

•    Berikan pujian dan kata-kata indah untuk istri

Hati istri mudah sekali luluh, apalagi jika suaminya menghujaninya dengan pujian dan kata-kata indah. Namun, pujian tersebut harus tulus dan tidak dibuat-buat atau palsu, karena justru akan melukai perasaannya. Pujian yang tulus akan membuat istri semakin bahagia, percaya diri, dan bersemangat.

•    Membantu istri mengerjakan tugas rumah tangga

Suami yang baik tentu tidak akan membebankan tugas rumah tangga kepada istrinya saja, tapi dia juga ikut serta membantu meringankan beban sang istri. Hal ini juga dicontohkan oleh Rasulullah loh, lihat dalam sebuah hadits yang artinya :
Aisyah r.a. pernah ditanya seorang lelaki yang bernama al Aswad bin Yazid tentang apa yang dilakukan oleh Rasulullah saw ketika dalam rumahnya? Maka Aisyah menjawab: Rasulullah SAW sentiasa membantu ahli keluarganya dalam kerja rumah. Dan apabila sudah tiba masuk waktu solat, Baginda keluar untuk solat. (HR Bukhari Muslim).

•    Memberikan kejutan indah atau Hadiah

Hadiah atau kejutan indah merupakan salah satu cara suami menghargai istrinya. Tidak perlu menunggu hari-hari special, karena setiap hari Anda bisa memberikan kejutan indah atau hadiah untuk istri sebagai tanda terima kasih atas kerelaannya menjadi istri dan ibu untuk anak-anakmu.

•    Memperhatikan kesehatan istri

Tugas istri sangatlah berat, karena itu suami harus memastikan dan menjaga kesehatan istrinya. Suami tidak hanya wajib memperhatikan kebutuhan nutrisi sang istri, tapi juga waktu istirahatnya, misalnya dengan meminta istrinya banyak istirahat agar kesehatannya bisa terjaga. Dan ketika istri sakit, suami harus siaga mencarikan obat dan merawatnya. (Baca juga : Alasan suami wajib menyayangi istrinya)

•    Berbakti kepada kedua orangtua istri

Suami tidak hanya wajib mencintai istrinya, tapi juga kedua orang tua istrinya atau mertuanya. Perhatikan orang tua dan juga keluarganya, karena hal itu membuat istri merasa dihargai dan sebaliknya akan memberikan perhatian yang sama kepada orang tuamu dan juga keluarga besarmu.
Semoga informasi tentang sikap terbaik para suami terhadap istri diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...