Tata Cara Sholat Tahajud

Tata Cara Sholat tahajud yang dijelaskan dalam artikel ini akan membantu Anda untuk memahami bagaimana sih niat, gerakan, dan juga bacaan shalat tahajud. Shalat tahajud disebut juga qiyamul lail karena dikerjakan pada waktu malam hari setelah bangun tidur.  Jumlah rakaat shalat tahajud minimal 2 rakaat, dan maksimal 8 rakaat (dua rakaat diakhiri salam) yang kemudian ditutup dengan shalat witir 3 rakaat. (Baca juga ; 12 keajaiban shalat tahajud)

Waktu Terbaik Sholat Tahajud

waktu pelaksanaan shalat tahajud adalah setelah bangun tidur dan sesudah shalat isya’yang dibedakan menjadi tiga, yakni :
•    Pada awal malam atau sepertiga malam pertama, yakni antara waktu Isya dan pukul 22.00 WIB
•    Pada tengah malam atau sepertiga malam kedua, yakni antara pukul 22.00 dan pukul 01.0.0 WIB
•    Pada akhir malam atau sepertiga malam yang terakhir, yakni antara pukul 01.00 dan menjelang subuh
Waktu yang terbaik dan dianjurkan menjalankan shalat tahajud adalah sepertiga malam terakhir, sebagaimana dalam hadits berikut :
Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: ‘Siapa yang berdoa pada-Ku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni’.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Tata Cara Shalat Tahajud

Untuk pelaksanaan shalat tahajud bisa dikatakan sama dengan shalat lima waktu, yang membedakan hanya niatnya. Bacaan Niat shakat tahajud, yakni :
Ushollii sunnatat tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.
Artinya : Aku (niat). shalat sunat tahajud 2 rakaat, karena Allah Ta’ala
nah, agar lebih jelasnya, yuk kita simak tata cara shalat tahajud berikut ini :
1.    Membaca niat shalat tahajud dengan suara pelan dan diyakinkan dalam hati, lalu dilanjutkan membaca takbir seraya mengangkat kedua telapak tangan ke atas “Allahu Akbar”artinya “Allah Maha Besar”
2.    Membaca doa iftitah sebagaimana pada shalat lima waktu
3.    Membaca surat Al Fatihah, kemudian dilanjutkan membaca surat Al Quran, seperti al falaq, an nas, al kafirun, dan lain-lain
4.    Lalu dilanjutkan sebagaimana gerakan lain dalam shalat, yakni ruku’, sujud, tahiyat, dan salam. (Baca juga : Doa shalat tahajud)
Setelah selesai shalat, kita disunnahkan untuk berdzikir dan membaca doa. Semoga informasi tentang tata cara shalat tahajud diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...