Tips Masak Cepat, Praktis, dan Sehat

Salah satu kunci hidup sehat terletak pada asupan makanan. Untuk mendapatkan makanan yang sehat, tidak hanya bahan-bahan yang harus diperhatikan, tapi juga cara mengolahnya. Padatnya aktivitas seseorang membuat sebagian orang mengabaikan pentingnya memilih asupan makanan sehat. Tak jarang mereka berpikir asal kenyang saja dengan membeli makanan instan atau makan di warung-warung. (suami membantu pekerjaan istri, kenapa enggak?)
Padahal seperti yang kita tahu, makanan instan mengandung zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara terus menerus. Dan, saat ini banyak pedagang curang yang demi mendapatkan untung besar, mereka rela melakukan berbagai cara, dari mulai menggunakan bahan yang sembarangan, mencampur masakan dengan bahan berbahaya, misalnya MSG, pewarna, pengawet, dan lain-lain.(Siapakah ratu para bidadari surga)
Memasak sendiri memang lebih sehat, sayangnya sering dianggap ribet dan menyita waktu, sehingga kebanyakan orang memilih menghindarinya. Padahal, dengan sedikit tips dan trik cerdas, acara memasak bisa menjadi hal yang menyenangkan, loh. Penasaran, yuk intip tips masak cepat, praktis, dan sehat berikut ini :

•    Pilihlah bahan yang segar

Bahan segar lebih baik dan sehat dibandingkan bahan instan maupun bahan yang dalam kemasan kaleng. Karena itu, sempatkan membeli bahan segar dari mulai, buah-buahan, sayur, daging/ayam/ikan, dan bumbu-bumbunya. (MAsih galau menunggu hadirnya keturunan? simak jurus ampuhnya)

•    Masaklah menu yang simple

Agar acara masak menjadi lebih cepat, praktis, dan juga sehat, Anda bisa memilih menu masakan yang simple, misalnya : cah kangkung, tumis sawi, sayur bening, sambelan, dan lain sebagainya. (Siapakah yang menanggung dosa akibat Miras)

•    Alat masak yang multifungsi

Alat masak menjadi salah satu kunci sukses memasak cepat, karena itu tidak ada salahnya Anda menggunakan alat masak yang mendukung kegiatan di dapur Anda, misalnya : presto, doublepan, microwave, dan lain sebagainya.

•    Masak cadangan makanan yang tahan lama

Ketika waktu senggang, sempatkan mengolah menu makanan yang tahan lama sehingga bisa dikonsumsi sewaktu-waktu dibutuhkan, misalnya : lauk kering, serundeng ayam, abon, dendeng ragi, dan lain sebagainya. Cadangan makanan tersebut bisa Anda gunakan sewaktu-waktu ketika tidak sempat memasak atau ingin libur memasak.

•    Stock bumbu sehat siap pakai

Bumbu merupakan kunci penting untuk mengolah makanan, karenanya harus selalu siap ketika Anda memasak. Bumbu instan banyak tersedia di pasaran, namun kita tidak tahu apakah bahannya bagus dan tanpa tambahan bahan berbahaya? Agar acara masak bisa lebih cepat, praktis, dan sehat, Anda bisa meracik sendiri bumbu dasar untuk aneka menu masakan, misalnya : 1) Kacang giling yang bisa dijadikan bumbu pecel, gado-gado, tahu tek, sate, dan lain sebagainya hanya dengan menambahkan beberapa bumbu lainnya, 2) Bawang merah dan putih giling yang selalu digunakan dalam semua masakan dengan menambahkan bumbu lain yang dibutuhkan, 3) Cabe merah giling yang bisa digunakan sewaktu-waktu dibutuhkan, dan bahan-bahan yang lainnya.
Masak sendiri tetaplah memiliki banyak kelebihan dibandingkan membeli makanan instan atau di warung-warung. Selain lebih sehat, masak sendiri juga membuat Anda lebih hemat dan yang pasti semakin disayang anak dan suami. Semoga tips masak cepat, praktis, dan sehat diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...