Loading...

Kanker Serviks : Penyebab, Pencegahan, dan Pengobatannya

Belakangan ini penyakit kanker serviks sangat booming, karena banyak wanita di kalangan selebritis yang mengidap penyakit ini. Kanker serviks disebut juga sebagai kanker mulut Rahim, yakni penyakit yang menyerang organ reproduksi wanita, tepatnya pada area leher Rahim atau pintu masuk menuju Rahim.  Kanker serviks disebut momok paling menakutkan buat wanita. Penyakit ini mengancam wanita dan menjadi salah satu penyebab kematian terbesar bagi para wanita  di dunia.(Info kehamilan dan diet sehat)

Apa sich Penyebab Kanker Serviks

Penyebab kanker serviks yang utama adalah Human papilloma Virus (HPV). Tipe virus HPV sangat banyak, namun yang menyebabkan banyak orang meninggal adalah virus HPV tipe 16 dan tipe 18. Penyebaran virus HPV ini sangat mudah, yakni melalui cairan dan juga sentuhan kulit. Selain itu, para wanita juga patut waspada ketika menggunakan WC umum, karena kondisi kotor dan bercampur-campur membuat rentan terkena virus HPV.(Kanker Rahim, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan)
Kebiasaan buruk juga memudahkan virus HPV menyebar, diantaranya mero*ok, kekurangan asupan vitam C dan E serta asam folat. Selain itu, penyakit kanker serviks juga bisa menyerang pada orang yang suka berganti-ganti pasangan, hubungan 1nt1m di usia dini, berhubungan 1nt1m dnegan laki-laki yang suka berganti-ganti pasangan. Sedangkan factor penyebab terbesar kanker servik lainnya adalah memiliki riwayat keluarga kanker, penggunaan Pil KB dalam waktu lama, dan terlalu sering melahirkan. (BAgaimana Cara Gajian dari Google Adsense)

Upaya Pencegahan Terhadap Penyakit Kanker Serviks

Mengingat  besarnya bahaya yang ditimbulkan penyakit kanker serviks, maka para wanita harus melakukan upaya pencegahan  agar penyakit mematikan ini tidak menimpanya. Diantara upaya pencegahan yang bisa dilakukan, yakni :
1.    Terapkan pola hidup sehat dengan rutin mengonsumsi asupan makanan bernutrisi dan bergizi seimbang.
2.    Jaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar
3.    Hentikan kebiasaan mero*ok
4.    Hindari se*s bebas, terutama di usia dini
5.    Hindari penggunaan air kotor, terutama untuk membersihkan area vital wanita.
6.    Hindari kebiasaan berganti-ganti pasangan
7.    Lakukan pemeriksaan pap smear secara rutin dua tahun sekali
8.    Khusus yang belum pernah berhubungan i*tim, lakukan vaksinasi HPV
9.    Perbanyak asupan makanan yang mengandung betakaroten, asam folat, vitamin C dan E.

Pengobatan Kanker Serviks

Meskipun upaya pencegahan sudah dilakukan dengan maksimal, namun masih ada keluarga atau Anda sendiri masih mengidap kanker serviks, maka lakukan metode pengobatan yang tepat. Pada penderita kanker serviks stadium awal, biasanya metode pengobatan yang dilakukan adalah pembedahan, baik laser, listrik, maupun pembekuan. Pembedahan sendiri dilakukan untuk menghilangkan jaringan kanker serviks.
Sedangkan untuk penderita kanker serviks stadium lanjut, biasanya upaya pengobatan yang dilakukan adalah kemoterapi dan radioterapi. Namun jika kondisinya sudah sangat parah, maka tidak ada tindakan lain yang bisa dilakukan kecuali penganggatan Rahim secara menyeluruh (histerektomi) dengan tujuan agar kanker tidak berkembang dan menyebar ke area yang lebih luas.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...