Loading...

Mengerikan, Ini 5 Efek Buruk Jika Diabetes Tidak Diobati

Selain factor keturunan, gaya hidup dan pola makan tidak sehat menjadi salah satu pemicu risiko diabetes. Diabetes termasuk satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan seumur hidup karena tergolong penyakit degeneratif dan memiliki sifat kronis. Meski demikian penderita diabetes bisa tetap hidup sehat asalkan rutin mengontrol gula darah. (Buah dan Sayuran untuk mengeluarkan racun Tubuh)
Cara yang bisa dilakukan penderita diabetes untuk mengontrol gula darahnya, antara lain: batasi asupan kalori dan glukosa, olahraga teratur, penuhi asupan sayur dan buah, kendalikan stress, minum obat/suntik insulin, dan lain sebagainya. Memastikan gula darah dalam kondisi normal dapat mencegah kerusakan fungsi organ tubuh lainnya. Sayangnya, tidak semua penderita diabetes sadar pada kondisi kesehatannya, sehingga risiko menderita komplikasi jauh lebih besar. Berikut ini merupakan efek buruk jika diabetes tidak diobati atau tidak mau mengontrol gula darahnya :

1.    Disfungsi ereksi

Pria yang menderita diabetes memiliki risiko besar mengalami disfungsi ereksi. Hal itu karena adanya kerusakan pada pembuluh darah dan system akibat diabetes.

2.    Infeksi jamur

Kadar gula yang tidak terkontrol dnegan baik dapat menyebabkan infeksi jamur pada beberapa bagian tubuh, misalnya : kuku menjadi rapuh, vagina terasa gatal, dan mulut. Hal itu disebabkan tingginya kadar gula darah yang membuat system kekebalan tubuh melemah, akibatnya tubuh kehilangan kemampuan untuk melawan inveksi jamur.

3.    Gigi rapuh

Kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh dapat menggangu sirkulasi darah ke gigi dan gusi, akibatnya saraf menjadi lemah dan gigi juga mudah rapuh/keropos.

4.    Masalah Tulang

Kadar gula dalam darah yang tinggi dapat merusak saraf dan pembuluh darah sehingga menghambat peredaran nutrisi hingga ke tulang. Akibatnya kerusakan pada tulang tak bisa lagi dihindarkan.

5.   Penyakit jantung

Risiko paling berbahaya diabetes jika tidak diobati adalah terjadinya kerusakan pada jantung. Gula darah yang tidak terkontrol menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan diabetes juga meningkatkan kolestrol jahat pada dinding pembuluh darah sehingga penyakit jantung tidak bisa lagi dihindarkan.
Semoga informasi tentang efek buruk penyakit diabetes jika tidak diobati diatas dapat membuat penderita diabetes lebih bersemangat untuk menjaga kesehatannya.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...